Depan > Kemasyarakatan > Askab PSSI Probolinggo Gelar Raker 2022

Askab PSSI Probolinggo Gelar Raker 2022

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Dalam rangka menyampaikan program kerja di tahun 2022, Asosiasi Kabupaten (Askba) PSSI Probolinggo menggelar rapat kerja (raker) tahun 2022 di Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk, Sabtu (30/4/2022) sore.

Kegiatan yang digelar di kediaman Ketua Umum Askab PSSI Probolinggo HM Mustadi ini diikuti oleh para pemilik klub anggota Askab PSSI Probolinggo, atlit sepakbola putra peserta pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022 dan atlit futsal putri Porprov Jawa Timur 2022.

Raker Askab PSSI Probolinggo ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma selaku Penasehat Askab PSSI Probolinggo, Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko dan Sekretaris Umum KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar, anggota Exco Askab PSSI Probolinggo, Ketua Umum Askab PSSI Probolinggo HM Mustadi serta jajaran pengurus Askab PSSI Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan SK Kepengurusan Askab PSSI Probolinggo masa bakti 2021-2025 kepada Sekretaris Askab PSSI Probolinggo Sekretaris Umum Askab PSSI Probolinggo Erfan Yulianto dari Ketua Umum Askab PSSI Probolinggo HM Mustadi serta penyerahan sepatu bola kepada atlit sepakbola putra dan atlit futsal putri Porprov Jatim 2022.

Ketua Umum Askab PSSI Probolinggo HM Mustadi mengungkapkan dalam kepengurusan Askab PSSI Probolinggo yang baru, pengurus yang baru telah menerima buku susunan pengurus dan program kerja tahun 2022. “Mohon doa dan bimbingannya mudah-mudahan jajaran Askab PSSI Probolinggo yang baru bisa menyelesaikan program kerja di tahun 2022,” ujarnya.

Menurut lelaki yang biasa dipanggil Didik ini, mulai tahun ini semua anggota klub akan dilebur semua dan sudah tidak ada lagi kompetisi divisi utama dan divisi satu. Sebab menjadi kewajiban bagi Askab PSSI Probolinggo untuk menyelenggarakan kompetisi U-15 dan U-17.

“Paling tidak klub anggota Askab PSSI Probolinggo wajib membuat SSB untuk persiapan kompetisi U-15 pada bulan Juli dan kompetisi U-15 pada bulan Oktober 2022. Nanti antara bulan Juli dan Oktober kita bisa menyelenggarakan turnamen di luar pelaksanaan kompetisi U-15 dan U-17,” jelasnya.

Sementara Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengucapkan terima kasih kepada Askab PSSI Probolinggo yang telah menggelar rapat kerja untuk menyampaikan program kerja tahun 2022. “Semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir sehingga kompetisi sepakbola bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Menurut Sugeng, KONI Kabupaten Probolinggo terus berusaha agar Kabupaten Probolinggo bisa menjadi tuan rumah Porprov 2024 mendatang. Hanya saja fasilitas olahraga yang ada masih minim dan harus segera dibenani. Harapannya Stadion Gelora Merdeka Kraksaan bisa diperbaiki dalam waktu dekat.

“Sesuai dengan regulasi yang ada, maka kompetisi yang wajib dilakukan oleh Askab PSSI Probolinggo adalah U-13 dan U-15. Dengan kepengurusan yang baru walaupun dana terbatas, mudah-mudahan Askab PSSI Probolinggo mampu menggulirkan kompetisi U-13 dan U-15. Mudah-mudahan rapat kerja ini semakin memperkokoh dan memperkuat semua elemen yang ada di sepakbola di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sedangkan Penasehat Askab PSSI Probolinggo yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma menyampaikan tugas pertama periode kedua kepengurusan Askab PSSI Probolinggo kali ini bukan hanya target menang saja, tetapi bagaimana bisa membawa harum nama Kabupaten Probolinggo di ajang Porprov 2022.

“Mudah-mudahan tim sepakbola putra dan tim futsal putri Porprov Jawa Timur 2022 prestasinya bisa ditingkatkan lagi sehingga bisa membawa harum nama Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Oka menegaskan bahwa dalam periode pertama kepengurusan HM Mustadi sebagai Ketua Umum Askba PSSI Probolinggo sudah berhasil melaksanakan program kerja dengan baik. Hanya saja, kompetisi sempat terbengkalai karena adanya pandemi Covid-19. Sehingga otomatis dua tahun terakhir semua program kerja dunia olahraga, khususnya sepakbola tidak efektif.

“Selama dua tahun kemarin tidak efektif, sekarang kondisi olahraga sudah bangkit dan pandemi Covid-19 sudah mulai menururn. Mudah-mudahan ini menjadi pertanda bangkitnya olahraga sepakbola di Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Lebih lanjut Oka berpesan agar program kerja di periode kedua ini betul-betul dioptimalkan dalam rangka membenahi klub se-Kabupaten Probolinggo. Turnamen dan kompetisi dilaksanakan secara inten.

“Kalau kompetisi dan turnamen dilaksanakan maka perekonomian akan meningkatkan. Jika sudah bangkit, tentunya tidak hanya menghidupkan olahraga sepakbola saja tetapi juga perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Oka menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya agar anggaran KONI Kabupaten Probolinggo tahun 2023 bisa meningkat sehingga alokasi ke Askab PSSI Probolinggo juga bertambah. “Jika anggarannya sudah meningkat, maka program kerjanya juga harus lebih meningkat dan prestasinya juga harus lebih meningkat dari sebelumnya,” katanya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyampaian program kerja Askab PSSI Probolinggo tahun 2022 oleh Sekretaris Umum Askab PSSI Probolinggo Erfan Yulianto serta pemantapan atlit futsal putri dan tim sepakbola putra yang akan berlaga di Porprov Jatim 2022. (wan)