Depan > Kemasyarakatan > Anggota PD Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Dikukuhkan

Anggota PD Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Dikukuhkan

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengukuhkan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD-GPMD) periode 2021-2025, Kamis (3/2/2022) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Anggota PD-GPMD sejumlah 21 orang ini diketuai oleh Saifullah. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo Abdul Halim berperan sebagai Pembina dan Bupati Probolinggo berperan sebagai Pelindung dalam kepengurusan tersebut.

Pengukuhan ini diawali dengan pengucapan janji organisasi oleh pengurus PD-GPMD. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengukuhan secara simbolis oleh Ketua PD-GPMD Saifullah. Serta penyerahan bendera pataka kepada salah satu pengurus PD-GPMD.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono berharap setelah dikukuhkannya 21 orang sebagai Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD-GPMD) periode 2021-2025 ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Kehadiran PD-GPMB ini dapat memotivasi dan mensosialisasikan tentang minat baca ke seluruh lapisan masyarakat.

“PD-GPMB merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang berfungsi menggerakkan masyarakat dalam peningkatan minat baca di Indonesia. Dan peran strategis PD-GPMB untuk menciptakan kualitas literasi dan terus mengalami peningkatan,” katanya.

Sementara Duta Baca Indonesia (DBI) Gol A. Gong menginisiasi program Safari Literasi dengan tema “Membaca Itu Sehat Menulis itu Hebat”. Dengan budaya membaca akan menambah pengetahuan.

“Dengan program ini dapat meningkatkan indeks literasi masyarakat. Program yang digulirkannya ini dapat merespons tagline Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tahun 2022 yakni ‘Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional,” ujarnya.

Menurutnya, sosok Duta Baca bukan sekedar penyambung lidah program pemerintah tetapi juga sebagai seorang influencer, opinion leader, motivator, penggerak hati masyarakat agar mau menjadikan aktivitas baca sebagai budaya dalam keseharian sehingga nantinya berdampak positif pada pertumbuhan literasi. (y0n)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot slot pulsa