Depan > Informasi Layak Anak > 292 Penegak dan Pandega Ikuti Giat Semester 1 Rover Moot Scout Innovation 2022

292 Penegak dan Pandega Ikuti Giat Semester 1 Rover Moot Scout Innovation 2022

Reporter : Mujiono
TONGAS – Untuk meningkatkan potensi pramuka di tingkat penegak dan pandega yang bermanfaat bagi masyarakat, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar giat semester 1 rover moot scout innovation 2022, Jum’at hingga Minggu (1-3/7/2022) di Pantai Bahak Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo.

Giat semester 1 rover moot scout innovation kali ini dilaksanakan dengan meriah setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19. Sebanyak 292 orang peserta dari tingkat penegak dan pandega dengan antusias mengikuti giat semester 1 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Dewi Korina yang ditandai dengan pemukulan kentongan, Jum’at (1/7/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Kegiatan kepramukaan (enam bulan) rover moot scout innovation di semester yang ditempatkan di obyek wisata Pantai Bahak ini diikuti DKC, BP-1313 dan Pramuka penegak serta pandega mengarah untuk menjaga dan melestarikan keindahan alam dengan gerakan penanaman pohon mangrove dengan maksud mengurangi masalah limbah sampah.

Program kegiatan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo rover moot scout innovation kali ini merupakan salah satu upaya peningkatan dan mengukur kualitas pendidikan Pramuka penegak dan pandega yang tujuannya membina dan mengembangkan diri, membina mental dan kepercayaan diri sendiri, meningkatkan daya kreasi, ketangkasan dan keterampilan. Selain itu juga pembentukan fisik serta intelektual dan sosial, menggalang rasa persatuan sesama penegak.

Disela-sela kegiatan tersebut diserahkan bibit tanaman pohon bakau untuk ditanam di area Pantai Bahak yang diserahkan secara langsung oleh perwakilan PT. POMI kepada perwakilan anggota pramuka yang mengikuti giat semester 1 rover moot scout innovation yang disaksikan oleh pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Dewi Korina mengatakan pramuka tingkat penegak dan pandega pada melalui kegiatan rover moot scout innovation ini dapat dilatih menyiapkan dirinya agar bermanfaat bagi masyarakat. Yakni dengan membentuk satuan reaksi cepat untuk menumbuhkan rasa peduli, cinta serta tanggung jawab terhadap lingkungan sekaligus memelihara alam.

“Dengan kegiatan ini pula akan dilatih tentang pendidikan penyelamatan di laut lepas (water rescue), berbagai program peduli lingkungan yang dilakukan pemerintah tidak akan maksimal tanpa dukungan dan partisipasi dari masyarakat terutama para pemerhati lingkungan ini termasuk Pramuka. Bahkan pramuka harus bisa berkreasi dalam bidang yang lainnya,” ujarnya.

Sementara Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko yang berkesempatan hadir diakhir acara tersebut menjelaskan kegiatan semester sebagai bahan evaluasi, ajang silaturahmi, meningkatkan komunikasi dua arah maupun sesama peserta Pramuka penegak antar gugus depan pangkalan sekolah maupun perguruan tinggi.

“Kesempatan ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk dilaksanakannya kegiatan kepramukaan salah satunya giat semester 1 rover moot scout innovation. Seperti beberapa waktu yang lalu selama pandemi jarang untuk bertemu dan melakukan kegiatan seperti ini karena dibatasi ruang gerak kita. Namun hal itu bukan sebagai batasan untuk berlatih dan belajar,” katanya. (y0n)