Sunday, May 19, 2024
Depan > Pendidikan > Workshop Guru TK, IGTKI Gelar Super Fun Outbound

Workshop Guru TK, IGTKI Gelar Super Fun Outbound

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Probolinggo bersama PGRI Kabupaten Probolinggo, Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang dan Bravo VIEV Malang menggelar super fun outbound di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Sabtu (13/5/2023) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh 690 orang Kepala dan Guru TK se-Kabupaten Probolinggo ini mengambil tema “Building Great Team for Super Teacher” bersama Dr. Aan Fardani Ubaidillah, M.Pd. Selama kegiatan mereka diberi materi menciptakan permainan anak-anak yang menyenangkan dan bermakna.

Super fun outbound ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga, Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo H Asim serta Ketua IGTKI Kabupaten Probolinggo Abdul Hapi.

Ketua IGTKI Kabupaten Probolinggo Abdul Hapi mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka dan projek penguatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). “Kami berharap kegiatan ini dapat membantu para guru TK untuk menciptakan permainan dalam pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak,” harapnya.

Menurut Hapi, kegiatan outbound sangat penting untuk membentuk kemampuan berfikir kritis. Ketika sebuah permainan outbound dilakukan, peserta akan dapat lebih aktif untuk mengeluarkan pendapat dan kemampuan yang dimilikinya.

“Dengan demikian, peserta kegiatan mencoba untuk menyelesaikan masalah yang ada dan mencoba menganalisis bagaimana masalah tersebut dapat terjadi dan dapat terselesaikan. Peserta melakukan kolaborasi untuk bekerjasama sebagai sebuah tim. Berkaitan dengan hal tersebut sebagai bentuk Implementasi Pengembangan Kurikulum Merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” tegasnya.

Sementara Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo H Asim menyampaikan bahwa super fun outbound ini merupakan workshop yang dilaksanakan dalam bentuk permainan di tempat terbuka. Guru-guru TK mengikutinya dengan sangat antusias karena tidak membosankan dan banyak pembelajaran yang diperoleh.

“Harapannya dengan adanya workshop ini nantinya bisa meningkatkan pembelajaran di TK masing-masing karena permainan-permainan itu nantinya akan disampaikan ke anak didiknya sehingga muncullah kerja sama tim dari anak-anak di tingkat TK,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada IGTKI-PGRI Kabupaten Probolinggo yang telah menggelar outbound bagi guru-guru TK yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Dengan adanya outbound ini nantinya guru-guru diajarkan bagaimana membentuk sebuah tim yang kuat sehingga permasalahan terkait dengan pembelajaran dan lain sebagainya dapat diselesaikan bersama-sama,” katanya.

Sugeng berharap guru TK tetap berinovasi dan memunculkan karakter dari masing-masing kecamatan serta mempertahankan dan melestarikan kebudayaan daerah, terutama tari yang merupakan ciri khas Kabupaten Probolinggo. “Harapannya kegiatan yang telah dilaksanakan ini diimplementasikan di masing-masing lembaga,” harapnya.

Melalui outbound ini Sugeng mengharapkan bagaimana guru-guru TK yang memiliki potensi berbeda-beda supaya berkolaborasi untuk meningkatkan potensi dirinya yang merupakan gabungan dari guru-guru yang ada. Dalam artian pembelajaran antar teman bisa terwujud dengan baik.

“Kesimpulannya, melalui outbound ini peningkatan dirinya semakin berkembang karena disana diajarkan bagaimana guru-guru yang mempunyai potensi itu bekerja sama sehingga membentuk siswa berkarkter, terutama berkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila,” pungkasnya. (wan)