Tuesday, June 25, 2024
Depan > Pendidikan > Wisuda Purna Siswa, MAN 2 Probolinggo Gelar Prestasi Lulusan

Wisuda Purna Siswa, MAN 2 Probolinggo Gelar Prestasi Lulusan

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Probolinggo di Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan melakukan wisuda purnasiswa bagi lulusan tahun 2023, Senin (15/5/2023).

Wisuda yang dipusatkan di GOR MAN 2 Probolinggo ini diikuti oleh 250 orang peserta. Kegiatan ini diawali dengan pentas seni mulai dari band sei religi, pencak silat dan seni tari.

Selanjutnya dilakukan gelar prestasi yang diperoleh oleh siswa kelas XII yang lulus dari tingkat nasional maupun regional. Serta prosesi wisuda purnasiswa dari program peminatan yang ada mulai dari peminatan ilmu-ilmu Agama, IPA dan IPS.

Prosesi wisuda ini dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Moh. Barzan, Pengawas, Komite, Kepala SMP/MTs Pajarakan, wali murid serta para siswa yang akan diwisuda.

Kepala MAN 2 Probolinggo Ahmad Zamroni mengaku sangat bersyukur karena lulusan MAN 2 Probolinggo telah banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebelum lulus.

“Ada yang diterima lewat seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNPB), SPAN-PTKIN, SIMAMA Poltekkes, SNBT dan lain-lain. Lulusan tersebar mulai dari UPI Bandung, Unesa, UM, UIN Maliki Malang, UIN Tulungagung sampai UIN Khas Jember,” ungkapnya.

Sementara Kasi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Moh Barzan mengatakan MAN 2 Probolinggo merupakan madrasah yang telah menorehkan prestasi dalam lulusannya, hingga para lulusan yang ada harus melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Jika belum bisa, maka setelah lulus isilah dengan hal untuk masa depan, berwirausaha dan meneruskan profesi orang tua. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan barokah,” harapnya.

Sekedar diketahui, MAN 2 Probolinggo dulunya dikenal dengan MAN Pajarakan. Madrasah ini berdiri sesuai dengan SK dari Kemenag RI berstatus madrasah SKS, riset, keterampilan dan berasrama. Program pembelajaran yang dikelola pun dalam bentuk reguler, unggulan dan percepatan sesuai dengan karakteristik peserta didiknya masing-masing. (wan)