Friday, March 5, 2021
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Serahkan Sambungan Listrik Gratis Program PLN VCRR

Wabup Timbul Serahkan Sambungan Listrik Gratis Program PLN VCRR

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur A. Rasyid Naja menyerahkan secara simbolis 200 sambungan listrik gratis dari program PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR) di Desa Asembakor Kecamatan Kraksaan, Rabu (23/12/2020) pagi

Penyerahan sambungan listrik gratis program PLN VCRR ini ditandai dengan penyalaan listrik gratis di rumah Asiah dan Sunarmi. Selain itu, keduanya juga mendapatkan bantuan renovasi rumah melalui program PLN Berbagi Kebahagiaan dan bantuan sembako oleh Tim YBM UP3 Pasuruan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, Pabung Kodim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Puguh Jatmiko, perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo, Kabid Ketenagalistrikan ESDM Provinsi Jawa Timur Wahzani, Manager PLN UP3 Pasuruan Maria G.I. Gunawan serta sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Rasyid Naja mengungkapkan Kabupaten Probolinggo dilayani oleh dua unit layanan PLN yakni Unit Layanan Pelanggan (ULP) Probolinggo dan ULP Kraksaan dengan jumlah total pelanggan 381.656 pelanggan. Rasio elektrifikasi di Probolinggo sat ini mencapai 85,51%.

“Hal inilah yang mendasari kami untuk terus menggiatkan upaya melistriki. Sepanjang tahun 2020 ini, PLN, Kementerian ESDM dan PJB melaksanakan program CSR pasang baru listrik gratis dengan total 1464 rumah warga tidak mampu dan 44 untuk elektrifikasi madrasah,” katanya.

Menurut Rasyid Naja, sepanjang tahun 2020 ini meskipun sedang mengalami masa yang berat akibat pandemi Covid-19, PLN tetap menunaikan kewajiban dengan memberikan listrik secara gratis kepada mereka yang belum merasakan listrik hingga saat ini. Tercatat sebanyak 7.899 rumah tangga tidak mampu dan madrasah telah dilistriki melalui program CSR baik dari PLN, EDSM Provinsi Jawa Timur maupun lainnya.

“Untuk mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat selama pandemi, PLN pun menjalankan program pemerintah untuk stimulus Covid-19 diantaranya pelanggan Rumah Tangga daya 450 VA mendapatkan diskon 100% (digratiskan) dan pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi mendapatkan diskon 50% yang sudah dimulai sejak April 2020,” jelasnya.

Di Probolinggo sendiri jelas Rasyid Naja, penerima manfaat untuk stimulus Covid-19 berjumlah 214.460 pelanggan yang menikmati listrik gratis tersebut dan 39.768 pelanggan mendapatkan diskon 50%. Sementara itu program tambah daya Super Merdeka diskon 75% untuk UMKM dan IKM tercatat sebanyak 3708 pelanggan. Sedangkan promo tambah daya Super Wow Rp 170.845 sebanyak 281 pelanggan di Probolinggo yang mendaftar program tersebut.

“Besar harapan kami, sinergi dapat terus terjalin dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk menuntaskan misi 100% Rasio Elektrifikasi Jawa Timur pada 2021 serta menjalankan program kerjasama lainnya yang dapat mendukung kemajuan dan kesejahteraan Probolinggo,” harapnya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko memberikan apresiasi kepada PLN, khususnya PT PLN UPJ Kraksaan yang memberikan bantuan penyambungan listrik gratis dengan daya 450 VA bagi 200 warga kurang mampu yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah peduli terhadap masyarakat Kabupaten Probolinggo. Harapan kami tentunya ini akan bermanfaat bagi masyarakat. Karena secara rasionya Kabupaten Probolinggo masih sekitar 15% yang belum teraliri listrik. Kalau kendalanya urusan jaringan, maka ada solusi lain misalnya dengan mikrohidro atau solar cell,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, harapan ke depan jalinan komunikasi yang baik antara Pemkab Probolinggo dan PLN ini bisa terus ditingkatkan, sehingga urusan UKM PLN bisa menunjang industri rumah tangga agar bisa lebih maju. “Dengan demikian masyarakat akan merasakan keberadaan listrik dari PLN yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur A. Rasyid Naja menyerahkan secara simbolis 200 sambungan listrik kepada Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko. Kemudian dilanjutkan dengan tukar menukar cinderamata.

Sunarmi (74), salah satu penerima bantuan listrik gratis mengaku sangat senang karena rumahnya sudah teraliri listrik secara gratis. Dengan demikian rumahnya sudah tidak gelap lagi pada saat malam hari.

“Terima kasih kepada PLN dan peserta VCRR atas bantuannya. Sekarang rumah saya sudah menjadi terang, apalagi saat malam hari penglihatan kurang jelas menjadi sangat terbantu dengan adanya listrik,” katanya. (wan)

cww trust seal