Monday, March 4, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Serahkan Barang Bantuan Program Jatim Puspa

Wabup Timbul Serahkan Barang Bantuan Program Jatim Puspa

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyerahkan barang bantuan Program Jatim Puspa (Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan) tahun 2022 di Balai Desa Kalikajar Kulon Kecamatan Paiton, Senin (5/9/2022) siang.

Turut mendampingi Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur Soekaryono, Tim Koordinasi Jatim Puspa Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Timur, Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo Achmad Arif, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo Taufik Alami, Forkopimka Paiton serta Kepala Desa Kalikajar Kulon Jatim.

Kepala Desa Kalikajar Kulon Jatim menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada masyarakat Desa Kalikajar Kulon. Tentunya bantuan ini akan meningkatkan usaha masyarakat dalam rangka pemberdayaan ekonomi.

“Saya titip kepada ibu-ibu yang menerima bantuan agar disyukuri dan dimanfaatkan sekiranya bisa berkembang untuk ekonomi dan keluarga. Jangan dijual, tetapi jadikan bantuan ini untuk berjualan dan diambil hasilnya. Kembangkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya sehingga tidak selalu mengharapkan bantuan,” ujarnya.

Sementara Plt Kepala DPMD Provinsi Jawa Timur Soekaryono mengungkapkan barang bantuan dari Program Jatim Puspa ini diberikan oleh Gubernur Jawa Timur dalam bentuk uang dan dibelikan barang sesuai dengan permintaan masyarakat.

“Usulan yang disampaikan di Desa Kalikajar Kulon ini sebanyak 56 orang KPM (Keluarga Penerima Manfaat), tetapi yang memenuhi syarat hanya 45 orang KPM. Ini merupakan bentuk perhatian dari Gubernur Jawa Timur kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Soekaryono, pemerintah tidak pernah bosan-bosan menggelontorkan bantuan agar masyarakat bisa berusaha. Di Jawa Timur, program Jatim Puspa ini diberikan kepada 6.000 orang KPM yang tersebar di 159 desa pada 29 kabupaten.

“Harapannya fasilitasi yang diberikan ini bagaimana warga miskin Jawa Timur di tahun 2024 sudah tidak ada lagi. Bahkan pemerintah pusat telah mengeluarkan regulasi untuk menghapus kemiskinan ekstrem agar ibu-ibu tidak miskin lagi tetapi tetap berusaha. Asal ada kemauan pasti bisa. Usaha apa saja,” jelasnya.

Untuk Kabupaten Probolinggo sendiri terang Soekaryono, Program Jatim Puspa ini diberikan kepada 400 orang KPM yang tersebar di 8 desa di 3 kecamatan. Bantuan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk berusaha. “Bantuan ini diberikan agar bagaimana masyarakat bisa sejahtera. Harapannya apa yang diberikan Gubernur ini bermanfaat dan bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” tegasnya.

Sedangkan Wakil Bupati Probolinggo Drs.HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Jawa Timur yang sudah memperhatikan rakyat Kabupaten Probolinggo.

“Barang bantuan dari Program Jatim Puspa ini diberikan oleh Ibu Gubernur dalam rangka masyarakat, khususnya di Desa Kalikajar Kulon ini mempunyai usaha. Sebab dengan memiliki usaha tentunya akan mengangkat perekonomian masyarakat,” katanya.

Wabup Timbul menegaskan bantuan barang ini merupakan sebuah amanah yang diberikan oleh Gubernur. Tugas masyarakat yang menerima batuan ini bagaimana bisa mengembangkan usahanya dengan sebaik-baiknya.

“Tentunya perlu pendampingan agar usaha yang dilakukan bisa terus berkembang dengan baik. Tujuannya untuk menuntaskan masyarakat yang kurang mampu. Mari yang ada supaya berkembang. Sekarang harus punya tekad bagaimana yang sekarang menerima bantuan nantinya harus memberikan bantuan kepada orang lain,” pungkasnya. (wan)