Friday, September 17, 2021
Depan > Kesehatan > Vaksinasi Wajib Bagi Seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Vaksinasi Wajib Bagi Seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di seluruh satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Probolinggo wajib untuk dilakukan vaksinasi. Baik jalur formal, non formal serta seluruh jenjang pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo maupun masyarakat.

Statemen tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. Menurutnya, hal tersebut diatur dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor 1444 Tahun 2021 Tentang Percepatan Vaksinasi Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

“Pendidik adalah guru, dosen, pamong belajar dan widyaiswara. Sedangkan tenaga kependidikan adalah tenaga yang melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan,” katanya.

Menurut Dewi, dalam SE Kemenkes RI tersebut dijelaskan bahwa vaksinasi bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan ini diberikan dalam 2 tahap serta segera dilakukan koordinasi dan kerjasama dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota dan kepala satuan pendidikan.

“Selain itu, dilakukan optimalisasi peran serta seluruh jajaran TNI/Polri, komunitas, pihak swasta dan organisasi lokal dalam mendukung program vaksinasi di wilayah kerja masing-masing,” jelasnya.

Terkait dengan rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) paa bulan Juli 2021 jelas Dewi, saat rapat koordinasi (rakor) dengan Tim Pakar Satgas Covid-19, Bupati Probolinggo yang juga selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo saat ini masih belum mengeluarkan keputusan apapun.

“Hal ini dikarenakan masih menunggu hasil evaluasi uji coba PTM terbatas, analisa perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo serta adanya Surat Edaran (SE) 4 menteri,” pungkasnya. (wan)