Friday, November 15, 2019
Depan > Pemerintahan > 25 Rumah Warga Desa Pesisir terdampak Puting Beliung

25 Rumah Warga Desa Pesisir terdampak Puting Beliung

Reporter : Mujiono

GENDING – Di musim penghujan kali ini banyak kejadian akibat cuaca ektrem yang melanda kawasan pemukiman di berbagai daerah. Selain kejadian bencana alam banjir dan tanah lonsor, yang harus diwaspadai adalah angin puting beliung yang kerap terjadi dan memporak porandakan rumah warga.

Musibah akibat angin puting beliung terjadi di Desa Pesisir Kecamatan Gending, Selasa (22/1/2019) mengakibatkan 25 rumah warga mengalami kerusakan dan juga pepohonan tumbang.

Menurut kronologi dari Tagana Kabupaten Probolinggo, angin puting beliung terjadi menjelang malam hari pukul 17.00 WIB dalam waktu beberapa detik saja. Ada 3 (tiga) desa yang terdampak angin puting beliung yakni Desa Pesisir, Desa Bulang dan Desa Brumbungan Lor. Sedangkan desa Pesisir tergolong paling parah dari kejadian tersebut.

Musibah yang mengakibatkan kerusakan pada 25 rumah diantaranya, rumah/warung milik Buani roboh, Isma’il dengan kondisi atap toko rusak, atap dapur/kandang milik Uswatun, atap dapur milik Rasu’i, atap kandang milik Hafidz, atap rumah milik Hadi, atap rumah milik Mursiah, Atap rumah milik Suhairi, atap rumah milik Asin, atap rumah milik Marito, atap rumah/kandang Sihanto dan Rumah/kandang Wanitro.

Bencana puting beliung juga menimpa atap rumah milik Awik, atap rumah milik Yuliati, atap rumah, toko/kandang milik Sutik, atap rumah milik Misnati, Atap kandang milik Sanapi, atap kandang milik Sukarni, atap rumah milik Zainal, atap rumah milik Yanto, atap rumah milik Nanik, atap rumah/warung milik Rukniati, atap rumah milik Misnawi, atap rumah milik Mauludun dan atap rumah milik Sanemari.

Setelah terjadi puting beliung, beberapa unsur hadir kelokasi bencana diantaranya Taruna siaga bencana (Tagana), anggota Koramil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polsek Gending dan warga setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi menjelaskan, beberapa anggota tim melakukan penanganan sebagai langkah kedaruratan terhadap kerusakan rumah dan pohon tumbang. Anak kecil yang mengalami luka-luka sudah tertangani langsung oleh tim medis. Belum ada laporan korban jiwa akibat kejadian puting beliung tersebut.(y0n)

cww trust seal