Monday, May 10, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Trend PDP Sembuh Terus Meningkat

Trend PDP Sembuh Terus Meningkat

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Trend positif kesembuhan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Probolinggo terus mengalami peningkatan. Hingga Jum’at (17/4/2020) malam, tercatat sudah ada sebanyak 12 orang PDP yang telah dinyatakan sehat, negatif dan dipulangkan.

Ke-12 orang PDP yang sudah dinyatakan sembuh tersebut berasal dari Kelurahan Semampir dan Kelurahan Kandangjati Kulon Kecamatan Kraksaan, Desa Watuwungkuk dan Kedungdalem Kecamatan Dringu, Desa Sukapura dan Ngepung Kecamatan Sukapura, Desa Sidorejo Kecamatan Kotaanyar, Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan, Desa Banyuanyar Lor Kecamatan Gending, Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih, Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces dan Desa Pakuniran Kecamatan Pakuniran.

“Hari ini terdapat 9 orang PDP yang sudah dinyatakan sembuh, sehingga totalnya menjadi 12 orang. Memang 9 orang ini sehat tetapi masih dalam pengawasan, karena rapidnya khan masih belum ada hasilnya. Jadi memang sehat, kalau dari protokol memang boleh dia diobservasi tapi tetap dia harus isolasi mandiri di rumah,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, isolasi yang benar itu yang bersangkutan harus ada di dalam kamar, tidak kontak dengan warga rumah, memakai masker serta jaga komunikasi tidak boleh dekat-dekat sampai semua dinyatakan negatif tidak terjangkit oleh penyakit. “Salah kalau sudah diisolasi mandiri, tetapi dia kemana-mana. Karena jika dia kemana-mana berarti akan menularkan kepada orang lain,” jelasnya.

Secara keseluruhan Anang menyebutkan jumlah PDP di Kabupaten Probolinggo hingga Jum’at (17/4/2020) malam totalnya mencapai 22 orang. “Dengan keterangan 4 orang dalam perawatan, 12 orang sembuh dan 6 orang meninggal dunia,” katanya.

Selain itu jelas Anang, saat ini di Kabupaten Probolinggo terdapat 15 orang positif Corona Virus Disease (COVID-19). Seluruh pasien positif COVID-19 ini kondisinya sehat dan pihaknya hanya menjaga kondisi tubuhnya, semangatnya dan motivasinya. “Harapannya kalau sudah gizinya bagus, kita berikan vitamin dan motivasi bagus maka akan segera pulih. Artinya, pada saat pemeriksaan swab berikutnya akan negatif,” tegasnya.

Selanjutnya, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 331 orang atau bertambah 14 orang dari sehari sebelumnya yang mencapai 317 orang. “Dengan keterangan 213 orang masih dipantau, 117 orang selesai dipantau dan 1 orang meninggal dunia,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal