Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > TP. PKK Lakukan Rapid Tes Kepada Seluruh Pengurus

TP. PKK Lakukan Rapid Tes Kepada Seluruh Pengurus

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Sebagai upaya mengantisipasi penularan sekaligus pengendalian agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, bertepatan dengan peringatan Hari Ibu ke-92, TP PKK Kabupaten Probolinggo melakukan rapid tes gratis, Rabu (16/12/2020) di Peringgitan Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo.

Kegiatan rapid tes atau Rapid Diagnostic Test (RDT) ini diikuti oleh seluruh anggota yang berperan sebagai pengurus TP. PKK Kabupaten Probolinggo dan Pengurus TP. PKK Kecamatan. Rapid tes diawali oleh istri Wakil Bupati Probolinggo selaku Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dan diikuti anggotanya. Dilanjutkan dengan para pengurus TP. PKK Kecamatan dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Rapid Diagnostic Test (RDT) merupakan tindak lanjut dari instruksi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk dilaksanakannya kepada para pengurus TP. PKK Kabupaten maupun para pengurus TP. PKK Kecamatan. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 tersebut dikawal langsung oleh Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menjelaskan rapid tes bagi para pengurus TP. PKK Kabupaten Probolinggo dan TP. PKK Kecamatan ini memiliki manfaat yang lebih. Selain untuk mengontrol kondisi kesehatannya agar supaya benar-benar sehat, kegiatan ini juga untuk mengantisipasi dan mengendalikan penularan virus Covid-19 serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo.

“Kami berharap rapid tes ini bisa memotivasi para pengurus TP. PKK Desa se Kabupaten Probolinggo dan masyarakat terutama kaum perempuan. Hal terpenting adalah bagi masyarakat khususnya kaum perempuan aktif menjaga kesehatan dirinya untuk menghindari virus Covid-19 melalui gerakan 3 (tiga) M. Yaitu Menjaga jarak, Memakai masker dan Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” katanya.

Sementara Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica menyampaikan kegiatan rapid tes yang bertepatan dengan Hari Ibu ini merupakan sebuah kesadaran peduli dengan kesehatannya. Tentunya kaum perempuan sebagai role model bagi dirinya, bagi keluarganya maupun bagi masyarakat agar supaya terhindar dari virus Covid-19.

“Penerapan dan disiplin 3 (tiga) M ini tetap dilakukan untuk menurunkan angka kasus terinfeksi virus Covid-19 dan juga untuk di rumah saja terlebih menjelang tahun baru ini agar supaya menekan angka penularan dan angka terinfeksi kasus Covid-19. Dari hasil pemerikasaan ini, sesuai anjuran dari Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, kalau hasilnya reaktif nantinya akan berikan edukasi dan ditindaklanjuti dengan tes PCR,” ungkapnya. (y0n)