Depan > Kesehatan > TP PKK Kembali Monev Pelayanan Posyandu

TP PKK Kembali Monev Pelayanan Posyandu

Reporter : Mujiono
SUMBERASIH – Untuk mengetahui perkembangan pelayanan posyandu di desa-desa, Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko kembali melakukan monitoring evaluasi (monev) posyandu, Selasa (6/9/2022) di Dusun Blobo Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.

Turut mendampingi istri Wakil Bupati Probolinggo tersebut Camat Sumberasih Wiwit Suryaningsih, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo beserta petugas kesehatan dari Puskesmas Sumberasih.

Di kesempatan ini, Dusun Blobo Desa Banjarsari menjadi sasaran monitoring evaluasi posyandu. Sebab daerah tersebut terdapat balita dengan kesehatan yang kurang baik pertumbuhannya atau yang dikenal dengan stunting. Ini sebagai salah satu sasaran khusus untuk diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pemberian pola makan yang baik dan bergizi pada balita serta cara menjaga kesehatannya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menjelaskan posyandu ini berpeluang untuk mengatasi permasalahan kesehatan balita maupun ibu hamil. Selain itu, posyandu salah satu sarana untuk mencegah adanya gangguan pertumbuhan kesehatan anak (stunting) dan menjadikan anak yang cerdas.

“Seorang ibu harus lebih memperhatikan kesehatan balitanya. Terutama masalah pola makan yang harus dijaga, makan yang dikonsumsi harus sehat dan bergizi agar dapat mendukung tumbuh kembang anak menjadi baik dan nantinya menjadi anak yang cerdas. Perhatian seorang ibu juga dapat menentukan tumbuh kembang anak dan kesehatan anak/balita,” katanya.

Menurutnya, program posyandu yang telah dilaksanakan di desa-desa ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu dan balitanya. “Saya tekankan kepada ibu-ibu yang memiliki balita, wajib selalu datang pada setiap hari posyandu demi meningkatkan kesehatan anak atau balitanya dan mencegah terjadinya stunting khususnya di Dusun Blobo Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih,” tegasnya.

Sementara Camat Sumberasih Wiwit Suryaningsih menambahkan monitoring dan evaluasi posyandu merupakan sebuah upaya dan perhatian Pemerintah Kabupaten Probolinggo agar supaya di Dusun Blobo Desa Banjarsari khususnya tidak terdapat anak dengan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi (stunting). (y0n)