Depan > Pemerintahan > Tim Wasev Tinjau Kinerja Satgas TMMD ke-114 di Desa Klampok

Tim Wasev Tinjau Kinerja Satgas TMMD ke-114 di Desa Klampok

Reporter : Mujiono
TONGAS – Untuk mengetahui secara langsung kegiatan pembangunan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 yang dilakukan oleh Kodim 0820 Probolinggo, Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Kegiatan TMMD ke-114 mendatangi Desa Klampok Kecamatan Tongas yang menjadi sasaran program TMMD ke-114 tahun 2022.

Kehadiran Tim Wasev Kegiatan TMMD ke-114 yang dipimpin oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Darat (Asops Kasad) Mayor Jenderal TNI Ainur Rahman ini disambut oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Kamis (4/8/2022) sekitar pukul 10.00 WIB di Balai Desa Klampok Kecamatan Tongas.

Turut menerima dalam kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Klampok.

Desa Klampok merupakan salah satu desa dari 325 desa di Kabupaten Probolinggo yang berbatasan langsung dengan Desa Sebalong Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Program TMMD ke-114 dilaksanakan di Desa Klampok untuk mewujudkan keinginan warga desanya agar memiliki akses yang dapat menghubungkan dua desa tersebut.

TMMD di Desa Klampok nantinya akan terselesaikan dalam waktu sebulan. Dalam hal pembangunan jembatan penghubung dengan segala infrastruktur pendukungnya. Pada setiap pelaksanaan pembangunan TMMD, selain melaksanakan kegiatan fisik juga melaksanakan kegiatan non fisik dalam hal kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Timbul bersama Asops Kasad Mayor Jenderal TNI Ainur Rahman beserta Tim Wasev mendatangi lokasi TMMD berupa rehabilitasi musholla dan pembangunan jalan paving hingga menuju jembatan penghubung dua desa.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Probolinggo memberikan dukungan penuh kepada Satgas TMMD ke-114 yang merupakan karya bakti nyata TNI kepada masyarakat. Kemanunggalan TNI dengan rakyat akan terbukti dan terwujud melalui program TMMD. TNI hadir di tengah-tengah masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan keinginan dalam percepatan pembangunan menuju masyarakat yang sejahtera.

“Kami berharap, seluruh program kegiatan yang disusun dan direncanakan dalam program TMMD ke-114 dapat terlaksana dengan baik. Sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo akan segera merealisasikan kegiatannya. Tentunya dengan tetap berkoordinasi dengan Satgas TMMD agar supaya seluruh kegiatan dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” katanya.

Sementara Asops Kasad Mayor Jenderal TNI Ainur Rahman menjelaskan TMMD dalam kurun waktu satu tahun anggaran itu dilaksanakan tiga kali. Satu kali anggaran per triwulan itu hampir 50 sasaran. Sehingga totalnya dalam satu tahun anggaran dilaksanakan sebanyak 150 sasaran.

“Kabupaten Probolinggo yang telah mendapatkan penilaian skala prioritas, karena sasaran yang ada di Kabupaten Probolinggo dirasa sangat membutuhkan yang diusulkan dari satuan bawah berlanjut mengajukan ke satuan atas. Tujuan dilakukan kegiatan wasev ini adalah untuk mengukur sejauh mana kinerja Satgas TMMD dihadapkan dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan dari kegiatan TMMD,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Timbul beserta Asops Kasad Mayor Jenderal TNI Ainur Rahman, Danrem 083 Baladhika Jaya, Dandim 0820 Probolinggo, Kapolres dan Kapolres Probolinggo Kota menyerahkan santunan kepada anak yatim dan menyerahkan sembako. (y0n)