Monday, September 20, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Selama Pandemi Covid-19, Aktifitas Anak Disarankan di Rumah Saja

Selama Pandemi Covid-19, Aktifitas Anak Disarankan di Rumah Saja

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hampir 2 tahun pandemi Covid-19, kasus penderita Covid-19 anak ikut meningkat seiring dengan peningkatan jumlah kasus Covid di Indonesia. Data dari Studi menyatakan hampr 20% dari anak yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala, sehingga berpotensi menjadi sumber penularan di komunitas.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan dalam rangka momentum Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021, ada beberapa informasi terkait perlindungan anak terhadap Covid-19.

“Tanda gejala umum Covid-19 pada anak demam, batuk hingga sulit bernafas, lesu, nyeri otot, sakit kepala, hilang indera rasa/ penciuman, sakit tenggorokan, mual sampai diare,” katanya.

Menurut Dewi, gejala Covid-19 pada anak sulit dibedakan dengan gejala sakit lain. Saat anak demam batuk/pilek, segera lakukan isolasi mandiri sembari menunggu hasil PCR. Bila anak sakit, batasi jumlah orang yang mengasuh langsung, orang tua dan pengasuh memakai masker.

“Buang popok sekali pakai, bungkus rapat dengan kantong plastik, lalu buang di tempat sampah. Penggunaan kamar mandi sendiri atau bila tidak ada, anak yang terkonfirmasi tersebut menggunakan kamar mandi paling akhir. Selama pandemi, anak-anak disarankan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari di rumah,” tegasnya.

Dewi menerangkan anak-anak memerlukan perhatian khusus saat pandemi Covid-19. Studi menunjukkan bahwa pasien anak membutuhkan perhatian khusus.

“Beberapa situasi yang dinilai berisiko menularkan Covid-19 ke anak-anak diantaranya kunjungan kerabat, asisten rumah tangga atau rumah makan, tempat ibadah, pernikahan kerabat serta kegiatan yang dilakukan di ruangan tanpa ventilasi udara yang cukup,” tegasnya.

“Selamat Hari Anak Nasional tahun 2021. Semoga anak-anak tetap ceria dan selalu bersinar meski ditengah pandemi Covid-19. Anak hebat, tangguh hadapi Covid-19,” pungkasnya. (wan)