Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Satpol PP-KPPBC TMP C Probolinggo Musnahkan Hasil Penindakan Operasi Rokok Ilegal dan BMN

Satpol PP-KPPBC TMP C Probolinggo Musnahkan Hasil Penindakan Operasi Rokok Ilegal dan BMN

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo bersama Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Probolinggo menggelar press conference pemusnahan hasil penindakan operasi rokok ilegal dan Barang Milik Negara (BMN) lainnya di wilayah kerja KPPBCB TMC C Probolinggo tahun 2023, Kamis (7/3/2024) pagi.

Kegiatan pemusnahan BMN tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Satpol PP Kabupaten Probolinggo tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P Duarsa, Kepala Kepala KPPBC TMP C Probolinggo Bagus Sulistijono dan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember.

Proses pemusnahan melalui metode dibakar itu dilakukan Pj Sekda Heri Sulistyanto bersama Forkopimda, Kepala KPPBC TMP C Probolinggo, Kepala KPKNL Jember serta Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kota Probolinggo. Sedangkan secara keseluruhan BMN akan dipendam dalam tanah sedalam 10 meter pada lokasi khusus di TPA Seboroh Kecamatan Krejengan.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengapresiasi kegiatan pemusnahan hasil penindakan rokok ilegal dan BMN lainnya ini merupakan wujud komitmen dalam pemberantasan barang kena cukai ilegal serta bukti nyata sinergitas KPPBC TMP C Probolinggo dengan mitra kerja terutama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Pj Sekda Heri Sulistyanto mengemukakan, salah satu sumber pendapatan negara yang dapat mendukung proses pembangunan dan penyaluran berbagai macam bantuan sosial (bansos) adalah pendapatan dari hasil cukai yang selama ini telah dialokasikan melalui DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau).

“Kami tidak akan pernah lelah untuk terus menghimbau dan mengedukasi para pengusaha industri kecil yang bergerak pada industri rokok agar kedepan lebih taat dan patuh kepada regulasi cukai rokok,” ungkapnya.

Selanjutnya Pj Sekda Heri menyebutkan secara potensi Kabupaten Probolinggo juga penghasil tembakau. Oleh karenanya untuk mengakomodir dan mengkoordinir para pengusaha kecil rokok yang juga dapat menyerap tenaga kerja, pihaknya sedang menyiapkan sentra industri rokok di Kecamatan Paiton.

“Dengan ini kami berharap agar peredaran rokok ilegal di Kabupaten Probolinggo bisa jauh menurun. Insya Allah kami akan kawal perijinannya, sekaligus mendorong mereka untuk memproduksi rokok yang ber cukai,” tandasnya.

Sementara Kepala KPPBC TMP C Probolinggo Bagus Sulistijono menjelaskan bahwasanya selama tahun 2023, pihaknya bersama segenap mitra telah melaksanakan serangkaian penindakan di bidang Kepabeanan dan Cukai sebanyak 224 kali penindakan.

Lebih lanjut Bagus merinci tiga jenis BMN hasil penindakan yang akan dimusnahkan kali ini diantaranya, 1.121.823 batang rokok ilegal, 44.670 gram tembakau iris dan 296.45 liter minuman mengandung etil alkohol ilegal.

“Adapun total perkiraan nilai barang pemusnahan tersebut sebesar Rp 1.444.724.535,- dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 784.761.637,” terangnya.

“BMN ini perlu dilakukan pemusnahan karena barang tersebut dapat menimbulkan dampak negatif pada kehidupan sosial masyarakat, salah satunya ancaman kesehatan. Selain itu juga sebagai upaya perlindungan bagi industri legal dalam negeri serta mengamankan hak penerimaan negara,” imbuhnya. (dra)