Saturday, September 18, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Sambut Ramadhan, Kwarcab Pramuka Gelar Bakti Ramadhan

Sambut Ramadhan, Kwarcab Pramuka Gelar Bakti Ramadhan

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah di masa pandemi Covid-19, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melalui Brigade Penolong 13.13 bersama Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Besuk menggelar Bakti Ramadhan di Desa Randujalak Kecamatan Besuk, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi segenap pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Camat Besuk Puja Kurniawan dan Forkopimka Besuk serta Kepala Desa Randujalak Anis Nurhainis.

Bakti Ramadhan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Kegiatan yang dilakukan berupa bersih-bersih lingkungan, pengecatan dan penyemprotan disinfektan pada 19 musholla dan 2 masjid yang ada di Desa Randujalak.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan bakti Ramadhan ini merupakan bentuk nyata dari Gerakan Pramuka Probolinggo untuk menunjukkan karya baktinya menjelang bulan suci Ramadhan dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih dan sterilisasi tempat ibadah.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan pembelajaran kepada adik-adik Pramuka yang terlibat agar bisa lebih peka terhadap lingkungan sosial masyarakat. Pramuka mengabdi ini untuk kepentingan masyarakat dan untuk adik-adik Pramuka sendiri supaya lebih peka dan rasa sosialnya lebih terasah,” katanya.

Sementara Kepala Desa Randujalak Anis Nurhainis mengaku senang dan bersyukur atas dipilihnya Desa Randujalak menjadi lokasi kegiatan Bakti Ramadhan. Tentunya, pemerintah desa sangat terbantu dengan adanya kegiatan Bakti Ramadhan yang dilaksanakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

“Kami berharap mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan. Sebab kegiatan seperti ini sangat membantu sekali dan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Desa Randujalak,” ujarnya. (wan)