Tuesday, February 27, 2024
Depan > Kesehatan > RSUD Waluyo Jati Gelar Kegiatan Rutin Bulanan Bersama Komunitas Tegar

RSUD Waluyo Jati Gelar Kegiatan Rutin Bulanan Bersama Komunitas Tegar

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan melalui Tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) bersama Tim Instalasi Rehabilitasi Medik dengan Kepala Instalasi dr Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik dr. AA. Sagung Mascahyandari menggelar kegiatan rutin bulanan bersama komunitas TEGAR (Tegak dan Bugas), Senin (5/2/2024).

Komunitas Tegar diprakarsai oleh Tim PKRS bersama Instalasi Rehabilitasi Medik dan mulai dibentuk pada tahun 2018. Saat ini Komunitas Tegar diketuai oleh Faisol. Komunitas Tegar merupakan komunitas pasien pasca stroke yang berobat di RSUD Waluyo Jati khususnya di Instalasi Rehabilitasi Medik.

Kegiatan ini diawali dengan senam bersama Dwi Prasetyo, salah satu perawat RSUD Waluyo Jati Kraksaan yang sudah memiliki lisensi sebagai instruktur senam. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan tentang pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan 3M Plus yang disampaikan oleh Sanitarian RSUD Waluyo Jati Any Sulistyowati.

“Keterbatasan yang ada pada diri penderita stroke tidak menjadi hambatan untuk turut berkontribusi dalam mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah. Kita bisa turut menyampaikan informasi kesehatan yang sudah didapat dan bisa mengingatkan anggota keluarga untuk menetapkan langkah 3M plus di rumah dan lingkungan sekitar,” kata Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Waluyo Jati Kraksaan Jurianto.

Menurut Juri, langkah-langkah 3M Plus yang bisa dilakukan diantaranya memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas, menguras dan menyikat bak kamar mandi dan menutup tempat penampungan air. Plus mencegah gigitan dan perkembangan nyamuk.

“Mencegah gigitan nyamuk bisa kita lakukan dengan mengoles krim anti nyamuk atau minyak oles anti nyamuk serta bisa juga dengan menanam tanaman pengusir nyamuk antara lain bunga lavender, serai, daun mint dan masih banyak lagi,” terangnya.

Anggota Komunitas Tegar cukup aktif bertanya pada sesi kali ini. Tim PKRS yang diketuai oleh drg. Auliya Rakhmawati membagikan leaflet tentang Mencegah Demam Berdarah dengan 3M Plus kepada peserta dengan harapan leaflet ini menjadi media informasi kesehatan yang bisa disampaikan kepada keluarga anggota Komunitas Tegar. (wan)