Depan > Kemasyarakatan > Ratusan Siswa PAUD, TK dan RA Ramaikan Karnaval Semarak HUT Kemerdekaan RI

Ratusan Siswa PAUD, TK dan RA Ramaikan Karnaval Semarak HUT Kemerdekaan RI

Reporter : Syamsul Akbar
TEGALSIWALAN – Ratusan siswa PAUD, TK dan RA yang ada di Kecamatan Tegalsiwalan meramaikan kegiatan karnaval semarak HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang diadakan oleh PHBN Kecamatan Tegalsiwalan, Jum’at (26/8/2022) siang.

Karnaval yang dimulai pukul 12.30 hingga 16.30 WIB ini mengambil rute sejauh 200 meter dengan start di Pondok Pesantren Darul Mukhlasin dan finish di Kantor Kecamatan Tegalsiwalan.

Sesuai dengan temanya Bhinneka Tunggal Ika, ratusan siswa tersebut mengenakan beragam busana adat dari Indonesia. Mereka sangat antusias sekali, terutama ketika melakukan atraksi di depan panggung kehormatan disaksikan oleh Forkopimka Tegalsiwalan dan jajaran samping lainnya.

“Karnaval siswa PAUD, TK dan RA ini diluar perkiraan kami. Bahkan aksi anak-anak ini sempat membuat jalur Tegalsiwalan-Banyuanyar macet. Tetapi kemacetan itu bukan karena kendaraan tetapi karena banyaknya penonton. Sebab biasanya kalau anak PAUD itu selalu bersama dengan keluarganya,” kata Camat Tegalsiwalan A’at Kardono.

Untuk kategori penilaian secara umum jelas A’at meliputi kekompakan, gerak langkah, kostum serta kecerdasan dalam melakukan atraksi di depan panggung kehormatan kurang lebih 5 menit.

“Tujuan utamanya adalah untuk memupuk cinta tanah air, cinta persatuan, cinta persaudaraan dan mengisi kemerdekaan yang telah direbut para pahlawan pendahulu yang rela berkorban darah dan nyawa. Tentu harapannya anak-anak ke depan lebih menghargai jasa pahlawan dengan turut membantu setiap program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah,” jelasnya.

Melalui kegiatan karnaval ini A’at berharap agar tahun mendatang bisa lebih baik lgi. “Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran samping dan instansi terkait yang sangat berperan dalam kegiatan karnaval ini. Kami berkeinginan agar bisa mensupport pada kegiatan yang akan datang,” tegasnya.

Sebelumnya, kegiatan karnaval juga dilakukan untuk masyarakat umum dengan start di SMPN 2 Tegalsiwalan dan finish di Kantor Kecamatan Tegalsiwalan. “Untuk karnaval umum ini menampilkan potensi lokal dan tidak disandingkan dengan property yang mahal. Meskipun demikian, antusias masyarakat sangat luar biasa,” terangnya.

Secara umum kegiatan PHBN Kecamatan Tegalsiwalan dimulai tanggal 1 Agustus dan berakhir tanggal 30 Agustus 2022 dengan kegiatan pameran PKK dan lomba mars PKK. Malam harinya penutupan berupa resepsi. (wan)