Depan > Pemerintahan > Puncak HBA ke-62, Kejari Gelar Tasyakuran

Puncak HBA ke-62, Kejari Gelar Tasyakuran

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 tahun 2022, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo menggelar tasyakuran, Jum’at (22/7/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Tasyakuran ini dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Kepala Kejari (Kajari) Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa serta jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula Pimpinan Bank Jatim Cabang Kraksaan, keluarga besar Kejari Kabupaten Probolinggo, Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Kabupaten Probolinggo Ratna Sari David dan anggota IAD Daerah Kabupaten Probolinggo.

Tasyakuran puncak HBA ke-62 tahun 2022 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kajari Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Kajari Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa mengungkapkan tema peringatan HBA ke-62 tahun ini adalah “Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi”. Tema tersebut diharapkan menjadi wujud kepekaan kejaksaan melihat dinamika bangsa dan Negara saat ini serta menunjukkan optimisme kejaksaan dalam berperan menghadirkan penegakan hukum yang memberikan kemanfaatan luas dan menunjang kebangkitan ekonomi Indonesia.

“Kepastian hukum yang humanis adalah penegakan hukum yang dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar dan memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara proporsional, tetapi bukan berarti tunduk pada tekanan, namun cermat dalam menyerap nilai keadilan yang tumbuh di masyarakat,” ujarnya.

Kajari menerangkan salah satu penerapan hukum yang humanis di kejaksaan adalah diberlakukannya keadilan restoratif. Keadilan restoratif merupakan paradigma pemidanaan baru yang menekankan pada penyelesaian perkara di luar pengadilan dan mendudukan korban sebagai bagian penting dari tujuan pemidanaan.

“Keadilan restoratif khas kejaksaan adalah keadilan yang menitikberatkan pada upaya memperbaiki keadaan yang timbul akibat adanya sebuah perbuatan pidana yang fokus pada pemenuhan keadilan bagi korban tindak pidana dalam rangka memperbaiki atau merestorasi keadaan korban seperti kepada keadaan semula,” terangnya.

Menurut Kajari, beberapa hal terkait dengan kepastian hukum secara humanis, saat ini Kejari Kabupaten Probolinggo telah memiliki rumah restoratif atau rumah rukun yang bertempat di beberapa balai desa.

“Maksud dan tujuan rumah rukun tersebut dapat dijadikan sarana untuk mediasi atau penyelesaian permasalahan secara kekeluargaan oleh kedua belah pihak, baik pelapor maupun terlapor,” jelasnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Probolinggo mengucapkan selamat Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-62 tahun 2022 kepada seluruh jajaran Korps Adhyaksa.

“Semoga jajaran kejaksaan, khususnya Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo semakin profesional, menunjung tinggi integritas dan kredibilitas dalam rangka penegakan supremasi hukum,” katanya.

Sebagaimana tema Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 yaitu “Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi” jelas Plt Bupati Timbul, penegakan hukum yang dilakukan jajaran kejaksaan tentunya juga mengedepankan sisi kemanusian sebagai kepastian hukum dengan tujuan hukum itu sendiri. Yakni keadilan di tengah masyarakat melalui restorative justice sebagai salah satu alternatif penyelesaian perkara pidana.

“Terima kasih, karena di Kabupaten Probolinggo, restorative justice telah diwujudkan secara nyata oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo dengan diresmikannya Rumah Restorative Justice Compok Rokon di Desa Bulu Kecamatan Kraksaan beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Menurut Plt Bupati Timbul, momentum peringatan Hari Bakti Adhyaksa hendaknya menjadi sumber semangat bagi Korps Adhyaksa untuk meningkatkan kinerja dan komitmennya dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat demi tegaknya supremasi hukum yang berkeadilan, khususnya di Kabupaten Probolinggo.

“Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih terhadap kinerja Kejaksaan Negeri Kabupaten Prpobolinggo. bukan hanya menyangkut penegakan hukum pada umumnya, tetapi sinergitas yang terjalin sangat harmonis dengan Pemerintah Daerah dan jajaran Forkopimda dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya. Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo telah menunjukkan kinerja yang baik sebagai penegak hukum dan sebagai pengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot