Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Program SKSS, Baznas Bakal Bantu UKT 18 Anak Sampai Selesai Kuliah

Program SKSS, Baznas Bakal Bantu UKT 18 Anak Sampai Selesai Kuliah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo bakal membantu dana UKT sebesar Rp 2 juta per semester sampai selesai kuliah bagi 18 anak yang dinyatakan diterima dalam program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS).

Seluruh pendaftar program SKSS baik yang diterima maupun tidak dikumpulkan pada Selasa (19/9/2023). Total ada 26 anak yang dikumpulkan dengan rincian 18 anak yang diterima dan 8 anak yang tidak diterima.

“Awalnya total ada 29 anak yang mendaftar dalam program SKSS dari Baznas Kabupaten Probolinggo. Dari jumlah tersebut, 3 anak setelah disurvey tidak masuk kategori karena mampu,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil.

Setelah dilakukan penilaian hasil survey tim dan dasar rangking kondisi orang tua, 18 anak dinyatakan memenuhi kriteria dan berhak mendapatkan program SKSS. Mereka akan mendapatkan bantuan dana UKT sebesar Rp 2 juta per semester sampai selesai kuliah. “Untuk 8 anak yang tidak masuk tetap kita hadirkan juga dan dibantu dana incidental sebesar Rp 1 juta.” jelasnya.

Menurut Muzammil, program SKSS ini bertujuan untuk membantu para anak dari kalangan keluarga tidak mampu untuk kuliah. Sebab mereka itu ingin kuliah, namun dari factor ekonomi kondisi orang tuanya benar-benar ekonomi jauh dibawah standart. Anaknya kuliah karena seakan-akan hanya bermodalkan semangat.

“Disamping itu bisa meningkatkan indeks pendidikan di Kabupaten Probolinggo. Dengan program SKSS ini diharapkan bisa merubah tatanan derajat kehidupan dalam keluarga itu sendiri,” pungkasnya. (wan)