Sunday, May 19, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > Posyandu Tempat Terdekat Ciptakan Anak Sehat dan Cerdas

Posyandu Tempat Terdekat Ciptakan Anak Sehat dan Cerdas

Reporter : Syamsul Akbar
PAKUNIRAN – Masyarakat hendaknya memanfaatkan pelayanan posyandu untuk memeriksakan kesehatan dan tumbuh kembang anaknya. Sebab melalui posyandu nantinya mampu menciptakan anak-anak dan generasi masa depan yang betul-betul sehat dan cerdas.

Demikian disampaikan oleh Camat Pakuniran Imron Rosyadi ketika menghadiri kegiatan Hari Gizi Nasional (HGN), Bulan Timbang dan pemberian Vitamin A di Posyandu Desa Gunggungan Kidul Kecamatan Pakuniran, Selasa (14/2/2023).

“Harapan kami kepada masyarakat di Kecamatan Pakuniran agar bisa betul-betul memanfaatkan kegiatan posyandu. Karena dengan posyandu kita mampu menciptakan generasi masa depan yang sehat dan cerdas,” katanya.

Kegiatan posyandu di Desa Gunggungan Kidul ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat. Sedikitnya sekitar 70 orang datang ke posyandu dengan membawa balita dan anak-anaknya. Sekaligus memeriksakan kehamilannya.

“Kebetulan untuk posyandu kali ini selain memeriksakan kesehatan kehamilan dan anak-anaknya juga ada pemberian Vitamin A. Jadi setelah ditimbang, anak-anak langsung diberi Vitamin A. Ternyata anak-anak kecil senang sekali,” jelasnya.

Menurut Imron, dengan datang ke posyandu berarti masyarakat peduli dengan kesehatan anak-anaknya. Karena posyandu ini bagaimana menciptakan masyarakat yang sehat. Terlebih sekarang ada upaya bagaimana bisa mencegah terjadinya stunting.

“Jika sudah ikut kegiatan posyandu, paling tidak awal masyarakat sudah paham dengan resiko stunting. Sebab stunting itu bisa terjadi mulai dari dalam kandungan sampai dengan melahirkan,” terangnya.

Lebih lanjut Imron menegaskan dalam kegiatan posyandu melalui Pokja IV TP PKK juga ada kegiatan penyuluhan mengenai makanan yang bergizi dan tumbuh kembang anak. Nantinya anaknya ditimbang untuk diketahui berat badan, perkembangan dan pertumbuhannya.

“Kami mengharapkan kepada masyarakat Kecamatan Pakuniran untuk memanfaatkan kegiatan posyandu. Kapan lagi kita mempunya anak yang sehat kalau tidak dilakukan dari awal baik penimbangan maupun pemeriksaan di desa. Sebab tempat paling dekat di masyarakat untuk memeriksakan anaknya adalah posyandu,” pungkasnya. (wan)