Tuesday, February 27, 2024
Depan > Pendidikan > Pj. Bupati Ugas Resmikan Rehab Gedung Sekolah di SMPN 1 Dringu

Pj. Bupati Ugas Resmikan Rehab Gedung Sekolah di SMPN 1 Dringu

Reporter : Maman
DRINGU – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja dan Peresmian secara Simbolis Rehabilitasi Gedung PAUD, SDN dan SMPN Tahun Anggaran 2023 di SMPN 1 Dringu, Senin (12/2/2024).

Turut hadir mendampingi Pj. Bupati Ugas, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdaya) Dwijoko Nurjayadi, Forkopimka Dringu dan Kepala Desa Pabean, Kecamatan Dringu.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dihadiri oleh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan, Pengawas TK, SD, SMP dan Penilik, Kepala PAUD, SDN dan SMPN serta Pengurus MKKS SMP Swasta se Kabupaten Probolinggo.

Tiba di lokasi halaman tengah SMPN 1 Dringu, Pj. Bupati Ugas dan undangan yang hadir mendapat kejutan dari siswa/siswi SMPN 1 Dringu.

Ratusan murid tiba-tiba keluar dari ruang kelas yang dengan tertib langsung membentuk formasi barisan. Selanjutnya dengan serempak dan seirama mereka menampilkan tari Kiprah Glipang secara massal di depan Pj. Bupati Ugas dan para undangan.

Saat memasuki lokasi acara di aula pada bagian belakang kompleks SMPN 1 Dringu, Pj. Bupati Ugas masih berkesempatan menyapa siswa/siswi yang dengan sopan selalu mengucap salam setiap berpaspasan dengan siapapun yang mereka temui.

Pj. Bupati Ugas juga sempat berdialog dengan salah salah satu siswi berkebutuhan khusus dengan kursi roda yang ikut menyambut kedatangannya siang itu.

Kepala SMPN 1 Dringu Anda Baroroh menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Pj. Bupati Ugas Di SMPN 1 Dringu.
Anda menjelaskan, sekolah yang dipimpinnya menanamkan kebiasaan untuk tertib dan disiplin pada siswa/siswi hingga menjadi suatu sistem yang telah berjalan dengan baik dan membawa dampak positif.

Hal ini ditegaskan pula oleh Kepala Dinas Dikdaya Dwijoko Nurjayadi yang mengapresiasi budaya tertib dan disiplin tersistem dengan baik di SMPN 1 Dringu. Menurutnya, sistem yang diterapkan SMPN 1 Dringu bisa menjadi role model atau percontohan untuk sekolah-sekolah di Kabupaten Probolinggo.
Tak lupa ia juga mengapresiasi tari Kiprah Glipang yang ditampilkan secara massal oleh murid-murid SMPN 1 Dringu.

Terkait pembangunan dan rehabilitasi sekolah tahun anggaran 2023 yang diresmikan, Dwijoko berharap agar dijaga dan dirawat agar dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang. Ia juga mengingatkan agar Dana BOS dikelola dengan baik sesuai peruntukan dan ketentuan yang ada.

Pj. Bupati Ugas pada sambutannya juga memberikan apresiasi atas kreasi dan inovasi SMPN 1 Dringu membangun budaya tertib dan religius untuk membentuk karakter anak didik agar disiplin dalam segala hal.

“Pendidikan karakter seperti yang telah diajarkan dan ditanamkan di SMPN 1 DRINGU ini bisa dijadikan role model pengembangan pendidikan di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Selanjutnya Pj. Bupati Ugas menegaskan, rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan merupakan upaya pemerintah daerah untuk membantu satuan pendidikan mewujudkan transformasi pendidikan, khususnya menciptakan suasana aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif di satuan pendidikan.

“Kami berharap Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat menjaga, merawat dan memanfaatkan sarana prasarana sekolah dengan sebaik-baiknya agar suasana aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif benar-benar terwujud,” terang Pj. Bupati Ugas.

Acara seremonial siang itu diakhiri dengan peresmian secara simbolis yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj. Bupati Ugas, dilanjutkan pemotongan untaian bunga di pintu masuk salah satu gedung yang baru direhab di SMPN 1 Dringu.

Usai beramah-tamah, para guru dan karyawan/karyawati SMPN 1 Dringu memanfaatkan kesempatan untuk foto bersama Pj. Bupati Ugas sebelum meninggalkan lokasi acara.(m4n)