Depan > Informasi Layak Anak > Pertahankan Tradisi Porprov, Anggar Raih Medali Emas

Pertahankan Tradisi Porprov, Anggar Raih Medali Emas

Reporter : Syamsul Akbar
SITUBONDO – Cabang Olahraga (cabor) anggar Kabupaten Probolinggo berhasil menjaga tradisi selalu menyumbang medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur.

Tradisi itu bisa dipertahankan setelah atlit anggar Tri Yulia Listyawati berhasil meraih medali emas dalam ajang Porprov VII Jawa Timur 2022. Tambahan medali emas dari cabor anggar ini sekaligus menjadi medali emas ketiga bagi kontingen Kabupaten Probolinggo.

Medali emas ini berhasil diraih oleh Tri Yulia setelah unggul atas lawannya Arini Mazidah dari Kabupaten Sidoarjo dalam babak final yang berlangsung di Gedung Graha Cendekia PGRI Kabupaten Situbondo, Rabu (29/6/2022).

Turun di nomor Degen Putri, Tri Yulia mampu tampil tenang dan tidak gentar menghadapi lawannya Arini Mazidah yang berstatus sebagai unggulan. Bahkan berkat ketenangannya tersebut, Tri Yulia mampu menang tipis dengan skor 15-12.

Ketua Pengkab IKASI Probolinggo Sudjono mengungkapkan bahwa raihan medali emas ini diperoleh berkat doa dari masyarakat Kabupaten Probolinggo. Selain itu, meskipun kuliah atlit Tri Yulia memang selalu menjaga kebugaran tubuhnya dengan rutin melakukan latihan.

“Selama persiapan Porprov ini kita upayakan agar pemain yang kita kirimkan bisa berlatih sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh pengurus. Tentunya ini adalah himbauan dari KONI Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sudjono mengungkapkan sebelum bertanding pihaknya memberikan pesan agar prestasi yang pernah diraih sebelumnya tidak menjadi beban. Bertandinglah secara fair, tidak perlu takut dan tidak perlu khawatir, tetapi bermainlah secara enjoy.

“Alhamdulillah, berkat ketenangan dan konsentrasinya yang luar biasa, Tri Yulia bisa bermain dengan baik karena tidak terbebani dengan prestasi yang telah dicapai sebelumnya. Hal inilah yang mengantarkannya bisa meraih medali emas,” terangnya.

Menurut Sudjono, untuk Porprov VII Jatim ini IKASI menurunkan 8 atlit. Selain medali emas, pihaknya mengharapkan ada tambahan medali perunggu. “Medali emas sudah diraih sesuai target. Mudah-mudahan bisa menambah medali perunggu,” harapnya.

Sementara Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar mengaku sangat bersyukur atas perolehan medali emas dari cabor anggar.

“Atlit anggar Tri Yulia telah membuktikan bahwa dari tahun 2019 hingga 2022, cabor anggar memiliki tradisi untuk mempertahankan medali emas di Porprov Jawa Timur tahun 2022,” katanya.

Untuk perolehan medali jelas Chalid, KONI Kabupaten Probolinggo masih banyak berharap dari beberapa cabor yang saat ini sudah masuk ke babak semifinal dan final. “Insya Allah koleksi medali kontingen Kabupaten Probolinggo akan bertambah pada hari-hari berikutnya,” pungkasnya. (wan)