Depan > Pendidikan > Peringati HUT PGRI dan HGN, PGRI Kraksaan Gelar Sejumlah Lomba

Peringati HUT PGRI dan HGN, PGRI Kraksaan Gelar Sejumlah Lomba

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022, PGRI Cabang Kraksaan menggelar lomba bola voli, lomba paduan suara dan lomba kreasi olahan dari umbi-umbian antar ranting se-PGRI Cabang Kraksaan.

Perlombaan ini dibuka secara resmi pada Sabtu (5/11/2022) di SMAN 1 Kraksaan. Pembukaan ini dihadiri oleh Ketua PGRI Cabang Kraksaan Sholehuddin , Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdaya) Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti serta sejumlah kepala sekolah di Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh 15 ranting PGRI se-Kecamatan Kraksaan. Untuk jenjang SMA/SMK negeri terdiri dari 4 ranting meliputi Ranting PGRI SMAN 1 Kraksaan, Ranting PGRI SMAN 2 Kraksaan, Ranting PGRI SMKN 1 Kraksaan, Ranting PGRI SMKN 2 Kraksaan.

Jenjang SMP negeri terdiri dari Ranting PGRI SMPN 1 Kraksaan, Ranting PGRI SMPN 2 Kraksaan, Ranting PGRI SMPN 3 Kraksaan, Ranting PGRI SMPN 4 Kraksaan. Sedangkan jenjang SD negeri dan swasta terdiri dari Ranting PGRI Gugus 1 sampai gugus 5 ditambah Ranting PGRI IGTKI Kraksaan dan Himpaudi Kraksaan.

Ketua PGRI Cabang Kraksaan Sholehuddin mengatakan selama 2 tahun kegiatan pendidikan terbelenggu oleh pandemi Covid-19 dan tahun 2022 pemerintah melonggarkan kembali kegiatan-kegiatan yang bersifat masal.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta menumbuh kembangkan rasa memiliki terhadap organisasi profesi di kalangan para pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik maupun instansi terkait lainnya sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih kondusif dan harmonis dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin mengglobal,” katanya.

Adapun yang diperlombakan antara lain turnamen bola voli antar ranting PGRI Kraksaan, lomba kreasi olahan bahan umbi-umbian dan paduan suara dengan ketentuan menyanyikan lagu wajib berupa Mars PGRI, dinyanyikan 2 bait, lagu pilihan dengan ketentuan lagu daerah Jawa Timur versi Jawa dan Madura. Lagu pilihan versi Jawa adalah Rek Ayo Rek dan Ilir-ilir dan lagu pilihan versi Madura diantaranya Tanduk Majeng, Patjer Lagguh dan Melathe Pothe.

“Melalui kegiatan ini diharapakan agar guru dapat bangkit kembali setelah pandemi Covid-19 dengan mengikuti seluruh program yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI melalui Program Merdeka Mengajar dan Merdeka Belajar meliputi Program Guru Penggerak maupun Guru Pengajar Praktik. Guru harus memberikan prestasi yang terbaik agar dapat meningkatkan IPM Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Sholehuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, Bank Jatim Cabang Krakssan, Korwil Bidang Dikdaya Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti serta para Kepala SMA di Kecamatan Kraksaan. (wan)