Depan > Pendidikan > Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, SDN Sidomukti 2 Gelar Bazar Education

Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, SDN Sidomukti 2 Gelar Bazar Education

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka turut memperingati dan memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, SDN Sidomukti 2 Kecamatan Kraksaan menggelar gebyar seni dan bazar education, Sabtu (27/8/2022).

Bazar education yang merupakan kolaborasi antara guru, wali murid dan murid ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdaya) Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti. Pembukaan ini ditandai dengan pengguntingan pita didampingi oleh Kepala SDN Sidomukti 2 Winarni.

Kegiatan ini menampilkan beragam hasil karya peserta didik bersama dengan produk unggulan yang dimiliki oleh wali murid. Semua terlibat dalam bazar eduation ini, termasuk juga dengan warga sekitar sekolah.

Kepala SDN Sidomukti 2 Winarni mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa di SDN Sidomukti 2 ada kegiatannya dan tidak mati suri.

“Selain itu untuk meningkatkan kualitas SDM sesuai dengan Implementasi Kurikulum Merdeka menuju Profil Pelajar Pancasila. Merdeka belajar sesuai dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini dapat dilakukan dengan menanamkan sikap-sikap yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila,” ujarnya.

Sesuai dengan tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI jelas Winarni, bazar education ini mengajak masyarakat untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dengan cara memberikan wadah bagi masyarakat untuk menampilkan produk unggulannya melalui bazar. Paling tidak nantinya mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ke depan kegiatan semacam ini akan terus kita adakan, tetapi kegiatan dan momentumnya akan bergantian. Bisa jadi ke depan pada peringatan Hari Kartini atau Hari Pendidikan Nasional dan lain sebagainya. Intinya untuk mengenalkan lingkungan sekolah. Pokoknya dalam satu tahun harus ada gebyar yang momentum bergantian,” jelasnya.

Winarni mengharapkan dengan kegiatan ini masyarakat memberikan kepercayaan untuk menitipkan putra dan putrinya kepada SDN Sidomukti 2. “Kita ingin menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah negeri. Karena sebenarnya kita tidak kalah dengan sekolah yang lainnya. Intinya tetap pada dukungan wali murid dan dukungan keluarga,” terangnya.

Sementara Korwil Dikdaya Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti menyampaikan bahwa pentas seni dan bazar education ini merupakan kolaborasi guru, murid dan wali murid SDN Sidomukti 2 serta TK Az-Zahra yang berada dalam satu lingkungan dengan SDN Sidomukti 2.

“Ini bentuk kreatifitas dari satuan pendidikan yang berkolaborasi dengan guru, murid dan wali murid. Bazar yang digelar per kelas ini menampilkan hasil karya murid dan wali murid. Tentunya ini akan memotivasi peserta didik dalam menampilkan kreatifitasnya,” katanya.

Sofiah mengharapkan kegiatan semacam ini bisa terus diadakan sebagai motivasi kepada semua pihak, khususnya wali murid agar ikut berperan aktif dalam mengawal putra putrinya di SDN Sidomukti 2.

“Semoga terus berkarya dan menuntun murid sesuai kodrat alam dan kodrat zaman dengan melahirkan murid-murid yang diharapkan bisa menuju Profil Pelajar Pancasila,” pungkasnya. (wan)