Depan > Informasi Layak Anak > Peringati HKGI, 366 Siswa SDN Patokan 1 Sikat Gigi Massal

Peringati HKGI, 366 Siswa SDN Patokan 1 Sikat Gigi Massal

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 366 siswa dan siswi SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo mengikuti kegiatan sikat gigi massal dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Indonesia (HKGI) yang digelar oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Probolinggo, Senin (12/9/2022).

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi dan praktek sikat gigi yang benar. Selanjutnya guru-guru diberikan training sehingga nantinya bisa memberikan pengarahan kepada muridnya. Selain itu, siswa dan siswi diberikan kalender supaya bisa melaksanakan sikat gigi yang benar pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur selama 21 hari.

Sikat gigi massal ini disambut antusias oleh siswa dan siswi SDN Patokan 1. Terlebih mereka mendapatkan sikat dan pasta gigi secara gratis. Selanjutnya mereka melakukan sikat gigi massal secara berkelompok dengan didampingi oleh guru kelas dan dokter gigi.

Kegiatan ini dihadiri oleh 11 orang anggota PDGI Cabang Probolinggo, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti dan Kepala SDN Patokan 1 Sri Hardatin bersama sejumlah guru.

Kepala SDN Patokan 1 Sri Hardatin menyambut baik kegiatan sikat gigi massal yang digelar oleh PDGI Cabang Probolinggo dalam rangka memperingati HKGI. Karena secara otomatis, sekolah bisa mendapatkan ilmu tentang cara sikat gigi yang benar dan manfaatnya dengan rutin sikat gigi. Harapannya nanti mempunyai gigi yang bersih, sehat dan kuat.

“Kami dari lembaga menyampaikan terima kasih karena mendapatkan kepercayaan kegiatan sikat gigi massal dan menjadi bagian dari peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional. Tujuannya untuk membiasakan anak-anak untuk sikat gigi setiap hari bersama keluarga,” katanya.

Menurut Sri Hardatin, kegiatan sikat gigi massal ini merupakan salah satu pendidikan karakter anak berupa pembiasaan hidup sehat dan bersih, terutama pada gigi dan mulut. Kebetulan selama ini di sekolah sudah rutin ada kegiatan pembiasaan sikat gigi pada siswa dan siswi baik dari UKS maupun pelajaran dari olahraga.

“Harapan kami dari kegiatan ini ada tindak lanjut dari dokter gigi puskesmas dengan memprogramkan melakukan kunjungan ke sekolah untuk memeriksa gigi anak secara berkala. Jika ada anak yang mempunyai gigi yang bermasalah bisa cepat tertangani,” harapnya.

Sementara Ketua PDGI Cabang Probolinggo drg.Luluk Muyassaroh, M.Kes menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional tahun 2022 dengan tujuan mencapai Indonesia bebas karies pada tahun 2030 dan menggiatkan kembali Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

“Harapannya mampu menciptakan perubahan perilaku pada siswa dan siswi untuk hidup bersih dan sehat dengan rajin sikat gigi yang benar di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur,” katanya.

Selain di SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan, kegiatan serupa juga dilaksanakan di SDN Sukokerto 1, MI NU Kraksaan, SD IT Permata Kota Probolinggo, SD Muhammadiyah Plus Kota Probolinggo, SDN Kedopok 1, SDN Pakistaji serta MI Riyadus Solihin.

“Total sasaran sikat gigi masal di Kabupaten/Kota Probolinggo ini mencapai 2.501 siswa dengan target Pengurus Wilayah PDGI Jawa Timur sebanyak 2.000 siswa,” pungkasnya. (wan)