Thursday, February 29, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Peringati Hari Batik Nasional, APBBA Gelar Lomba Cipta Kreasi Berbahan Dasar Batik

Peringati Hari Batik Nasional, APBBA Gelar Lomba Cipta Kreasi Berbahan Dasar Batik

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional tahun 2023, Adikarya Perajin Batik Bordir dan Asesoris (APBBA) Kabupaten Probolinggo menggelar lomba cipta kreasi berbahan dasar batik.

Pendaftaran lomba cipta kreasi berbahan dasar batik ini dilakukan mulai tangga 27 September hingga 1 Oktober 2023 dengan persyaratan khusus masyarakat Kabupaten Probolinggo usia 16 hingga 23 tahun (SMA/MA/SMK dan umum).

Senin (2/10/2023), dilakukan penilaian di ruang Pustakaloka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo. Total ada 31 pendaftar dan yang lolos seleksi administrasi ada 21 pendaftar.

“Lomba cipta kreasi berbahan dasar batik ini bertujuan untuk menggali potensi anak-anak muda Kabupaten Probolinggo dibidang ekonomi kreatif,” kata Ketua APBBA Kabupaten Probolinggo Mahrus Ali.

Dari 21 pendaftar ini selanjutnya dinilai dengan kriteria originalitas, nilai ekonomis dan kesesuaian dengan juknis dari panitia. Dewan juri terdiri dari Tian Gandon Patriot (pelaku seni), APBBA (Pelaku Ekonomi Kreatif Bidang Handmade) Mellany Kaloka serta Ketua Ekraf Kabupaten Probolinggo Moh. Amin.

“Setelah dilakukan penilaian, akhirnya terpilih sebanyak 15 finalis yang nanti akan menampilkan hasil karyanya dalam grand final lomba cipta kreasi berbahan dasar batik pada tanggal 12 Oktober 2023,” jelasnya.

Dalam grand final tersebut akan dipilih juara 1, 2, 3, harapan 1 dan harapan 2 yang masing-masing akan mendapatkan sertifikat, trophy dan uang pembinaan. Juara 1 sebesar Rp 2 juta, juara 2 sebesar Rp 1,5 juta, juara 3 sebesar Rp 1,250 juta, harapan 1 sebesar Rp 750 ribu dan harapan 2 sebesar Rp 500 ribu.

Melalui lomba ini harapannya muncul kreasi-kreasi baru dari bahan dasar batik/perca batik yang nantinya bisa menjadi produk turunan batik yang bernilai ekonomi tinggi, sehingga turut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)