Monday, April 12, 2021
Depan > Kesehatan > Penyintas Covid-19 Dapat Terlindungi Dari Reinfeksi Hingga 90 Persen

Penyintas Covid-19 Dapat Terlindungi Dari Reinfeksi Hingga 90 Persen

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Salah satu ketakutan yang sering menghinggapi orang yang sedang dan sudah sembuh dari Covid-19 adalah terinfeksi kembali (reinfeksi). Apalagi hingga saat ini risiko reinfeksi belum diketahui pasti.

“Berita baiknya, penelitian-penelitian terbaru menyatakan bahwa orang yang pernah terinfeksi Covid-19 dapat terlindungi dari reinfeksi hingga 80-90%. Reinfeksi adalah infeksi kedua atau lebih pada orang yang telah sembuh dari infeksi pertama oleh penyebab yang sama,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut Dewi, beberapa penelitian yang menyatakan persentase orang yang sudah sembuh dari Covid-19, ±80% berdasarkan hasil penelitian di Denmark (Hansen, 2021), ±83-89% penelitian di Inggris (Hall, 2021) dan ± 95% penelitian di Qatar (Abu Raddad, 2021).

“Perlindungan dari reinfeksi bisa bertahan hingga > 7 bulan setelah terinfeksi Covid-19. Hal ini berdasarkan penelitian dari Hansen tahun 2021 yang menyatakan bahwa perlindungan terhadap reinfeksi Covid-19 setelah terinfeksi dalam jangka waktu ≤ 6 bulan sebesar ± 79,3- 89%. Sedangkan Hall menyatakan bahwa perlindungan terhadap reinfeksi Covid-19 setelah terinfeksi dalam jangka waktu ≥7 bulan,” jelasnya.

Dewi menerangkan perlindungan dari reinfeksi akan menurun pada lansia karena lansia memiliki risiko terinfeksi yang lebih tinggi dibandingkan orang yang lebih muda. Hasil penelitian Hansen tahun 2021 menyatakan bahwa perlindungan terhadap reinfeksi Covid-19 pada lansia (usia ≥65 tahun).

“Mengacu pada hasil penelitian tersebut, maka vaksinasi Covid-19 pada lansia wajib diprioritaskan, termasuk lansia yang pernah terinfeksi Covid-19,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal