Sunday, April 14, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Pemkab Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo pada Senin (2/10/2023).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti oleh karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo ini mengambil tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”. Tema ini dipilih untuk mengingatkan kembali pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pemersatu bangsa.

Upacara yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Sebagai komandan upacara adalah Camat Kotaanyar Hari Pribadi, pembaca doa adalah Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Moh Syarifuddin, pembaca teks pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, pembaca teks ikrar adalah Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, perwira upacara adalah Kepala Bakesbangpol Doddy Nur Baskoro serta iringan musik Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si mengatakan momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah waktu yang berharga untuk merenungkan dan memahami betapa kuatnya Pancasila sebagai landasan negara Indonesia.

“Seharusnyalah kita terus menghargai perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi keutuhan Pancasila. Mari kita gunakan momen ini untuk merefleksikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari, menguatkan persatuan dan bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik untuk bangsa kita,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, Pancasila mampu menjadi pemersatu bangsa karena mampu merangkul berbagai perbedaan yang ada di Indonesia. Pancasila juga menjadi dasar bagi pembangunan nasional untuk mewujudkan Indonesia yang maju karena memiliki nilai-nilai yang luhur seperti nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial.

“Sebagai warga Kabupaten Probolinggo kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan memperkuat nilai-nilai Pancasila ini. Kita adalah bagian dari pilar-pilar yang mendukung keutuhan negara kita. Sebagai ASN, guru, pelajar, pekerja dan anggota masyarakat, kita semua memiliki peran dalam menjaga semangat persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab juga memperingati Hari Batik Nasional yang merupakan momen yang sangat berarti dalam perjalanan budaya dan identitas sebagai bangsa Indonesia.

“Batik adalah salah satu kekayaan budaya terbesar kita. Batik adalah karya seni tekstil yang tak hanya memikat mata, tetapi juga mencerminkan kekayaan sejarah, nilai-nilai dan kreativitas yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Seperti yang dikenakan oleh para ASN peserta upacara saat ini yakni Batik Korpri,” terangnya.

Pj Bupati Ugas menerangkan batik dalam Korpri bukan hanya sekedar pakaian, tetapi juga sebuah simbol penting yang mencerminkan kesetiaan ASN kepada negara dan kesadaran akan kekayaan budaya Indonesia.

“Mari kita berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, menghormati nilai-nilai keberagaman dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap langkah menuju Indonesia maju,” pungkasnya. (wan)