Friday, May 24, 2024
Depan > Pemerintahan > Kepala Desa se-Kecamatan Dringu Jadi Petugas dan Pembina Apel Pagi

Kepala Desa se-Kecamatan Dringu Jadi Petugas dan Pembina Apel Pagi

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Apel pagi yang dilaksanakan pada Senin (13/2/2023) pagi di halaman Kantor Kecamatan Dringu terasa berbeda dari biasanya. Pasalnya dalam apel pagi kali ini, Kepala Desa se-Kecamatan Dringu didapuk sebagai petugas dan Pembina apel.

Pemimpin apel adalah Pj Kepala Desa Randuputih Mistaful Hudan dan Pembina apel adalah Kepala Desa Tegalrejo Suharul Halim dan ajudan Pembina apel adalah Kepala Desa Pabean Sulistiono.

Untuk pembaca Pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) tahun 1945 adalah Kepala Desa Mranggonlawang Sugeng dan pembaca Panca Prasetya Korpri adalah Kepala Desa Sumberagung Elmidi. Sedangkan untuk pembawa acara adalah Kepala Desa Sumbersuko Rini Handayani dan Pembaca Do’a adalah Kepala Desa Kalisalam Mat Ali.

Camat Dringu Heri Mulyadi mengatakan pihaknya sengaja mendapuk kepada desa se-Kecamatan Dringu sebagai petugas apel dan Pembina apel dengan tujuan agar kepala desa dan perangkat desa di Kecamatan Dringu semakin kompak.

“Tidak ada tujuan lain selain agar kepala desa dan perangkat desa se-Kecamatan Dringu semakin kompak. Sebab membangun sebuah desa itu membutuhkan sebuah kekompakan dan kebersamaan,” katanya.

Lebih lanjut Heri menerangkan bahwa berdiri di depan dan menjadi seorang petugas apel itu tidaklah mudah. Diperlukan sebuah keberanian, ketenangan, kesigapan dan keseragaman.

“Tidak semua orang bisa untuk berdiri di depan orang banyak, apalagi bertugas sebagai petugas apel. Tentu itu bukanlah pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Pasti akan menjadi bahan tertawaan apabila sampai salah dalam mengambil sebuah keputusan,” jelasnya.

Tidak hanya itu terang Heri, dibutuhkan sebuah ketenangan dan kesiapan dalam diri seorang kepala desa. Sehingga jika ada himbauan atau hal lain dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo atau Camat, kepala desa bisa segera menyampaikan ke tingkat bawah.

“Biasanya ada himbauan dan perintah yang disampaikan oleh pimpinan agar disampaikan ke semua jajarannya. Disinilah peran kepala desa agar bagaimana himbauan dan pesan tersebut bisa disampaikan kepada seluruh peserta apel,” tegasnya.

Heri mengharapkan dengan keikutsertaan para kepala desa se-Kecamatan Dringu sebagai petugas apel dan Pembina apel ini nantinya mampu menambah semangat kerja, disiplin dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Semoga bisa menumbuhkan semangat kerja dan disipilin,” pungkasnya. (wan)