Tuesday, May 21, 2024
Depan > Pendidikan > Pemkab-Kemendikbudristek Gelar Bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas

Pemkab-Kemendikbudristek Gelar Bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menggelar bimbingan teknis (bimtek) Lingkungan Belajar Berkualitas (LBB) di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo, Senin dan Selasa (10-11/10/2022).

Perencanaan Berbasis Data (PBD) dalam mendukung LBB bagi Pusat Kegiatan Gugus (PKG) di Kabupaten Probolinggo ini ini diikuti oleh 24 peserta yang merupakan perwakilan PKG kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber terdiri dari 1 orang dari BBPMP Provinsi Jawa Timur dan 2 orang narasumber lokal. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto.

Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kepala Bidang Pembinaan PAUD, PNF Sulastri mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong PKG PAUD berperan dalam mendampingi satuan PAUD, melakukan perencanaan berbasis data agar dapat menyediakan Lingkungan Belajar Berkualitas.

“Selain itu mendorong satuan PAUD dapat melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) untuk menyediakan Lingkungan Belajar Berkualitas sebagai salah satu pemenuhan indikator kinerja,” ujarnya.

Sebagai rencana tindak lanjut jelas Sulastri, nantinya akan melaksanakan pendampingan di 4 (empat) titik/kecamatan dan rencana dilaksanakan pada tanggal 19, 20, 24 dan 25 Oktober 2022 di Kecamatan Leces, Maron, Tongas dan Kraksaan.

“Harapannya para perwakilan PKG Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo ini dapat memahami dan mengimplementasikan hasil bimtek LBB PAUD di wilayah kecamatan masing-masing,” harapnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan bimtek LBB yang digelar bekerja sama degan Kemendikbudristek RI ini dilakukan dalam rangka untuk membekali para Ketua PKG kecamatan se-Kabupaten Probolinggo untuk lembaga pendidikan setingkat PAUD.

“Pembekalan ini diberikan agar mereka bisa menyusun raport pendidikan. Dari raport pendidikan itu akan tahu profil lembaga serta kelebihan dan kekurangannya. Sehingga nanti terkait dengan perencanaan dan penganggaran betul-betul bisa efektif, efisien dan maksimal. Karena berkaitan dengan penganggaran untuk pendanaannya yang sangat terbatas,” katanya.

Menurut Heri, ini termasuk salah satu hal yang sangat strategis dalam rangka untuk paling tidak mengurai permasalahan IPM (Indek Pembangunan Manusia) di bidang pendidikan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Kita ini masih banyak kekurangan. Barangkali dengan kegiatan ini masing-masing para Bunda PAUD itu bisa menyusun raport pendidikan sehingga betul-betul bisa memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas,” pungkasnya. (wan)