Thursday, February 29, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Ikuti Penilaian Interviu Evaluasi SPBE 2023 dari Kementerian PANRB

Pemkab Ikuti Penilaian Interviu Evaluasi SPBE 2023 dari Kementerian PANRB

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengikuti penilaian interviu evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI secara daring, Selasa (12/9/2023) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto didampingi Yulius Christian yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo. Hadir pula Plt. Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Heri Mulyadi.

Penilaian interviu evaluasi SPBE ini merupakan proses klarifikasi dan validasi Asesor Eksternal terhadap bukti dukung yang disampaikan oleh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) mulai 11 hingga 29 September 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto kepada tim Asesor Eksternal secara daring menyampaikan hasil pemantauan dan evaluasi SPBE diharapkan dapat menggambarkan penerapan tata kelola SPBE pada IPPD serta dapat digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan SPBE yang terpadu.

“Selain itu, pemantauan dan evaluasi SPBE diharapkan juga berdampak pada terciptanya layanan SPBE yang berkualitas, terintegrasi, berkesinambungan dan mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi bagi Aparatur Sipil Negara Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah serta bermanfaat bagi pelaku usaha dan masyarakat luas,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan pemantauan dan evaluasi SPBE merupakan amanah dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang tujuannya untuk mengukur kemajuan dan meningkatkan kualitas penerapan SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. (y0n)