Friday, May 24, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Ikuti Benchmarking Budaya Kerja Ber-AKHLAK

Pemkab Ikuti Benchmarking Budaya Kerja Ber-AKHLAK

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengikuti benchmarking budaya kerja Ber-AKHLAK dari Biro Organisasi dan Tatalaksana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di ruang Probolinggo Region Invesment Center (PRIC) Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, Selasa (17/10/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Sekretaris Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Probolinggo ini dihadiri Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo didampingi Kabag Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi serta Tim Transformasi Budaya Kerja Kemendagri RI.

Kabag Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk penyampaian pelaksanaan sosialisasi dan internalisasi core values ASN BerAKHLAK di lingkungan Pemkab Probolinggo dan penyampaian pelaksanaan aktivasi dan implementasi core values ASN BerAKHLAK di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Selain itu, penyampaian penghargaan-penghargaan dampak perubahan budaya kerja serta sharing knowledge dan pengalaman implementasi core values ASN BerAKHLAK. Tujuannya sebagai penguatan budaya kerja BerAKHLAK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan hal yang perlu diperhatikan adalah telah disusun Surat Edaran Bupati Probolinggo tanggal 20 September 2021 nomor 800/222/426.53/2021 tentang Implementasi Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding ASN bertujuan agar Kepala PD melakukan implementasi dan internalisasi Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding ASN serta menyampaikan laporan pelaksanaannya secara berkala.

“Telah dilaksanakan launching dan internalisasi core values ASN BerAKHLAK dan employer branding “Bangga Melayani Bangsa” dengan narasumber dari KemenPAN RB dan Kabiro Organisasi pada tanggal 11 Nopember 2021,” katanya.

Tutug menerangkan strategi penguatan internalisasi dan aktivasi budaya kerja BerAKHLAK antara lain pemanfaatan media sosialisasi, dukungan dan komitmen Pimpinan Daerah atas implementasi core values BerAKLAK pada Apel bulanan Korpri, penyusunan SKP tahun 2022 berdasarkan PermenPAN RB Nomor 6 Tahun 2022 dimana penilaian kinerja pegawai pada 2 aspek meliputi hasil kerja dan perilaku kerja (sesuai Core Values ASN BerAKHLAK) dan penyusunan buku panduan contoh perilaku implementasi Core Values ASN BerAKHLAK.

“Selain itu, Lomba Vlog dan Yel-Yel ASN BerAKHLAK bekerjasama dengan Bank Jatim bertujuan meningkatkan kreativitas dan inovasi implementasi core values dan employee branding ASN melalui pemanfaatan media social, meningkatkan kemampuan ASN menterjemahkan panduan perilaku berAKHLAK serta memberikan informasi pada masyarakat bahwa ASN Kabupaten Probolinggo siap melakukan perubahan perilaku dan budaya kinerja yang berkualitas,” jelasnya.

Menurut Tutug, implementasi core values BerAKHLAK, terdiri dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Penghargaan yang sudah diraih antara lain penghargaan penyelenggara pelayanan publik tahun 2022 dengan kategori sangat baik bagi DPMPTSP dengan nilai 4,67 kategori A dan Dispendukcapil nilai 4,34 kategori A-.

Hasil Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 oleh Ombusdmen dengan nilai 82,33 dengan kategori B dan zonasi hijau. Penghargaan bagi Inovasi Bumi Kraksaan (Budidaya Udang Vanamie Kolam Bundar Menggunakan Ras di Media Air Laut Buatan) sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022 dari Kementerian PANdan RB Republik Indonesia.

Selanjutnya, penghargaan Meritokrasi tahun 2022 dari Komisi ASN bagi Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan nilai 269,5 (BAIK) Peringkat Baik, Puskesmas Lumbang sebagai juara II Lomba Inovasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2023 dari Kemenkes RI dan penghargaan terinovatif III Kategori Inovasi Teknologi di Bidang Ekonomi pada Anugerah INODA dan INOTEK Award Provinsi Jatim Tahun 2023. (wan)