Tuesday, October 26, 2021
Depan > Pendidikan > Pemkab Gelar Workshop Bedah SKL dan Kisi-Kisi

Pemkab Gelar Workshop Bedah SKL dan Kisi-Kisi

Reporter : Syamsul Akbar
KREJENGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) menggelar Workshop Bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dan Kisi-kisi di SMPN 2 Krejengan, Rabu dan Kamis (2-3/10/2019).

Workshop ini diikuti oleh 120 orang peserta dari unsur guru 6 (enam) mata pelajaran (mapel) SMP meliputi Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Dalam kegiatan yang dihadiri narasumber Pengawas yang membidangi 6 (enam) mapel ini tersebut juga dilakukan bedah SKL dan pembuatan kisi-kisi persiapan naskah soal USBN (Ujian Sekolah Berstandart Nasional).

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Sudarsono mengatakan kegiatan ini bertujuan agar para guru mapel mampu mendesain bahan belajar. “Serta mampu memanfaatkan Google Form dan Google Drive dalam mendesain bahan belajar,” katanya.

Menurut Sudarsono, dengan kegiatan ini guru mapel bisa membuat soal dengan baik dan benar sesuai standart. Sekaligus melatih para guru mata pelajaran membuat naskah soal sesuai dengan kisi-kisi dan indikatornya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para guru mapel mampu mendesain bahan belajar serta mampu memanfaatkan Google Form dan Google Drive dalam mendesain bahan belajar,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Saiful Anwar menambahkan dengan adanya peningkatan mutu soal USBN maka diharapkan hasil akhirnya mutu pendidikan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Jika mutu pendidikan meningkat, maka diharapkan mampu mendongkrak mutu dan kualitas lulusan di Kabupaten Probolinggo,” katanya. (wan)