Monday, May 20, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Diseminasi Kepatuhan Koperasi

Pemkab Gelar Diseminasi Kepatuhan Koperasi

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar diseminasi kepatuhan koperasi di Hotel Nadia Kecamatan Sukapura, Kamis (11/11/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang dari 20 koperasi fungsional yang ada di lingkungan Pemkab Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi terkait kepatuhan koperasi meliputi kelembagaan, kinerja keuangan dan pemeriksaan kesehatan koperasi dari Fungsional Pengawas Koperasi Josep Teguh Sulaksono.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan koperasi yang sebenar-benarnya koperasi adalah koperasi yang sesuai jatidirinya dan menjalankan prinsip-prinsip berkoperasi sebagaimana amanat peraturan perkoperasian.

“Dengan disahkannya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dan turunannya, koperasi wajib mengetahui perubahan-perubahan peraturan perkoperasian yang berlaku,” katanya.

Menurut Anung, penerapan terhadap peraturan perkoperasian yang berlaku merupakan wujud kepatuhan koperasi. Untuk itu perlu disosialisasikan perubahan-perubahan peraturan perkoperasian yang terkait kepatuhan legal, kepatuhan usaha dan keuangan serta kepatuhan transaksi.

“Dalam melaksanakan kegiatan usaha, koperasi tidak menyalahi prosedur-prosedur yang ada sehingga bisa meraih tata laksana koperasi yang baik (good cooperative governance), peningkatan kualitas kesehatan koperasi, peningkatan pelayanan anggota dan peningkatan partisipasi ekonomi anggota,” jelasnya.

Dengan tercapainya hal-hal tersebut terang Anung, maka koperasi akan benar-benar mampu untuk menjadi badan usaha yang tangguh, sehat, mandiri dan berdaya saing dengan tetap berpegang teguh pada jatidiri koperasi. (wan)