Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Berikan Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM

Pemkab Berikan Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM

Reporter : Syamsul Akbar
KREJENGAN – Sebagai upaya peningkatan pemahaman dan pengetahuan usaha mikro serta kapasitas dan kompetensi SDM usaha mikro, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan pelatihan digital marketing bagi UMKM, Rabu hingga Jum’at (10-12/11/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ridho Resort Kecamatan Krejengan ini diikuti oleh 35 pelaku UMKM unggulan Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber hadir Ahmad Izzudin dan Yustina Suhandini Tjahjaningsih dari Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo.

Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Zulkarnain mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan secara online, meningkatkan konversi penjualan dan hemat biaya promosi.

“Dapat melayani costumer secara real time, membantu menjangkau pengguna smartphone, meningkatkan penjualan dan keuntungan serta membantu bisnis untuk siap bersaing dengan kompetitor,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan revolusi industri 4.0 telah menjadi keniscayaan dalam pelaksanaan revolusi industri di Indonesia, khususnya Kabupaten Probolinggo. “Oleh sebab itu, revolusi industri 4.0 ini jangan hanya menjadi sebuah slogan saja, tetapi harus benar-benar direalisasikan,” katanya.

Menurut Anung, digital mindet sudah dimana-mana. Untuk itu pelaku UMKM harus bertekad untuk maju dan bisa merubah paradigma lama kepada paradigma yang baru. Khususnya di sektor UMKM berkaitan pada proses pemasaran.

“Dengan digital marketing ini yang jelas mau tidak mau, semua sektor dipaksa dan terpaksa harus menjalankan digital marketing. Mereka dipaksa, terpaksa dan biasa. Motto ini semoga dapat menjadi dasar dan memacu kita semua untuk maju,” jelasnya.

Anung menegaskan proses transformasi marketing dari offline menjadi online saat ini menjadi keniscayaan. Banyak yang akan didapat mulai dari efisiensi, efektifitas, jangkauannya luas dan peningkatan SDM.

“Disini nantinya akan tumbuh marketplace-marketplace yang baru. Dengan demikian secara berkesinambungan akan tumbuh dan berkembang E-commerce-E-commerce yang baru pula,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88