Monday, May 20, 2024
Depan > Kemasyarakatan > PCNU Kota Kraksaan Gelar Halal Bihalal dan Silaturahim Kebangsaan

PCNU Kota Kraksaan Gelar Halal Bihalal dan Silaturahim Kebangsaan

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan menggelar halal bihalal dan silaturahim kebangsaan di Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Desa Klaseman Kecamatan Gending, Rabu (24/5/2023).

Halal bihalal dan silaturahim kebangsaan yang mengambil tema “NU Mandiri, NU Digdaya” ini diikuti oleh 1.600 orang terdiri dari pengurus ranting NU, MWCNU, kader NU serta Muslimat dan Fatayat NU se- di wilayah PCNU Kota Kraksaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Katib A’am PBNU KH Achmad Said Asrori, Rais Syuriyah PCNU Kota Kraksaan KH Wasik Hannan, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H Ahmad Muzammil serta Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Umi Syarifah Fatimah Elok.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H Ahmad Muzammil menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan melanjutkan titah halal bihalal yang sudah dicetuskan oleh KH Wahab Hasbullah.

“Selain itu untuk konsolidasi organisasi dari MWCNU, Ranting NU sampai lembaga dan badan otonom (banom) serta menjaga kondusifitas warga NU di PCNU Kota Kraksaan dalam rangka menghadapi tahun politik,” ujarnya.

Menurut Muzammil pesan dan hikmah yang biasa diambil dari kegiatan ini intinya saling asah, asih dan asuh sesama warga NU dan bagaimana supaya nilai-nilai kemasyarakatan dari NU seperti tawassuth (sikap tengah-tengah), tawazun (seimbang) dan tasamuh (toleransi) agar ada perekat diantara warga NU.

“Harapannya bagaimana output dari kegiatan ini supaya di Kabupaten Probolinggo, khususnya di PCNU Kota Kraksaan terjadi kekondusifitasan dan tidak ada gaduh sehingga Kabupaten Probolinggo tetap aman dan tentram,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko menyampaikan sudah menjadi tradisi di hari raya Idul Fitri yaitu mengadakan kegiatan halal bihalal dalam kaitan hubungan dengan sesama manusia atau hablum minannaas.

“Saya mengajak seluruh komponen Nahdlatul Ulama untuk bahu membahu bersama Pemerintah Daerah, terus menggalang berbagai daya upaya demi kemajuan Kabupaten Probolinggo tercinta. Terima kasih kepada PCNU Kota Kraksaan yang ikut mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul menegaskan bahwa kiprah PCNU Kota Kraksaan sudah tidak bisa diragukan lagi untuk kemajuan Kabupaten Probolinggo. “Untuk urusan politik adalah urusan masing-masing. Tetapi untuk urusan kemaslahatan umat di Kabupaten Probolinggo, ayo bersama-sama bergandengan dalam memajukan dan memakmurkan Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan tausiyah yang disampaikan oleh Katib A’am PBNU KH Achmad Said Asrori. Selain memberikan tausiyah berkaitan dengan keagamaan juga menyampaikan beberapa hal kepada warga NU menjelang tahun politik.

“Warga NU itu adalah ormas. Jadi tidak usah cawe-cawe terhadap urusan politik. Yang mengurusi politik itu adalah organisasi politik. Kita hanya sebagai warga NU wajib untuk memberikan suara sesuai dengan hati nurani. Jangan sampai terjadi suatu sikut menyikut antara warga NU yang satu dengan warga NU yang lain terhadap pilihan,” ungkapnya. (wan)