Monday, March 4, 2024
Depan > Pemerintahan > Pasca Libur dan Cuti Hari Raya Idul Adha 1444 H, Tingkat Kehadiran ASN Capai 96,22 Persen

Pasca Libur dan Cuti Hari Raya Idul Adha 1444 H, Tingkat Kehadiran ASN Capai 96,22 Persen

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mencapai 96,22 persen pada saat hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, Senin (3/7/2023).

Dari total 4.362 orang ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo, daftar kehadiran hari pertama masuk kerja mencapai 4.197 orang dan tidak hadir mencapai 165 orang dengan keterangan cuti 61 orang, sakit 26 orang, ijin 54 orang dan Tanpa Keterangan (TK) 24 orang.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan tingkat kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja setelah libur dan cuti hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo sangat tinggi mencapai 96,22 persen.

“Tingginya tingkat kehadiran ini dikarenakan kita selalu mengingatkan bahwa tanggal 3 Juli 2023 ASN harus masuk. Artinya, dengan tingginya tingkat kehadiran ini menandakan ASN siap kembali memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Yulius, tingkat kehadiran ASN ini diperoleh dari hasil pemantauan pelaksanaan penilaian mandiri tingkat kepatuhan pegawai ASN masuk kerja yang dilakukan ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), rumah sakit dan kecamatan di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Dari hasil pemantauan ini, diketahui ada beberapa ASN yang TK (Tanpa Keterangan). Langkah-langkah bagi yang TK, Kepala PD ditugaskan untuk melakukan pembinaan. Pegawai yang bersangkutan membuat pernyataan tertulis alasan tidak masuk tepat waktu jam 07.30. Berdasarkan pernyataan dimaksud, Kepala PD melakukan pembinaan berupa teguran lisan atau tertulis,” pungkasnya. (wan)