Sunday, January 23, 2022
Depan > Pemerintahan > Panitia Pilkades Laweyan Lakukan Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Cakades

Panitia Pilkades Laweyan Lakukan Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Cakades

Reporter : Mujiono
SUMBERASIH – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Laweyan Kecamatan Sumberasih melakukan penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala desa (cakades) yang memenuhi syarat administratif, Rabu (5/1/2022) di Balai Desa Laweyan Kecamatan Sumberasih.

Penetapan dan pengundian nomor urut cakades hasil perpanjangan pendaftaran ini dihadiri oleh 2 (dua) orang bakal cakades dan disaksikan oleh Forkopimka Kecamatan Sumberasih serta pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Setelah diadakan pengundian nomor urut, Suwadi mendapatkan nomor urut 1 dan Suharsono Bachtiar mendapatkan nomor urut 2. Selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara penetapan dan pengundian nomor urut cakades.

Secara keseluruhan di Kecamatan Sumberaih terdapat 9 (sembilan) desa yang akan mengikuti pesta pemilihan kepala desa serentak. Delapan desa lainnya sudah melakukan proses penetapan dan penentuan nomor urut para bakal calon kepala desa karena terdapat paling sedikit 2 (dua) dan paling banyak 5 (lima) orang yang memenuhi syarat administratif.

Ketua Panitia Pilkades Laweyan Abdul Muklis menyampaikan para calon kepala desa dapat mentaati peraturan-peraturan yang telah ditentukan oleh panitia, baik sebelum proses pemilihan maupun setelah proses pemilihan kepala desa berlangsung.

“Untuk lokasi-lokasi pemasangan poster telah ditentukan oleh panitia Pilkades Laweyan. Tentunya para calon harus saling mendukung menyukseskan jalannya Pilkades di bulan Pebruari tahun 2022,” ujarnya.

Sementara Camat Sumberasih Wiwit Suryaningsih menegaskan para calon kepala desa harus memiliki niatan yang tulus dan niatan yang lebih baik untuk masyarakat. Yang terpenting adalah dapat menggerakkan hati masyarakat untuk saling mendukung dan juga saling menghargai misi misi yang dimiliki para calon kepala desa.

“Hal yang dimiliki para calon adalah memiliki hati yang legowo. Artinya para calon yang belum ditakdirkan terpilih menjadi kepala desa harus menerima dengan baik dan ikhlas. Sedangkan calon kepala desa yang ditakdir menjadi kepala desa haruslah menghargai bagi calon yang belum terpilih. Intinya harus menjaga situasi proses Pilkades ini dengan baik, aman, lancar dan kondusif,” katanya. (y0n)