Depan > Kemasyarakatan > Lomba Kerapan Sapi Piala Bupati Probolinggo Resmi Digelar

Lomba Kerapan Sapi Piala Bupati Probolinggo Resmi Digelar

Reporter : Syamsul Akbar
BANTARAN – Lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo tahun 2022 yang digelar oleh Paguyuban Kerapan Sapi Kabupaten Probolinggo di Lapangan Desa Tempuran Kecamatan Bantaran resmi digelar pada Sabtu dan Minggu (24-25/9/2022).

Pembukaan lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo tahun 2022 ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto, Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Habib Mahdi, Camat Bantaran Saniwar dan Forkopimka Bantaran serta Kepala Desa Tempuran Alisat.

Lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo ini diikuti oleh 48 pasang sapi kelas besar dan 48 pasang sapi kelas kecil dengan total hadiah sebesar Rp 45 juta. Selain itu, panitia juga menggelar lomba foto kerapan sapi dengan total hadiah sebesar Rp 5,5 juta.

Pembukaan lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo tahun 2022 ini ditandai dengan pelepasan peserta oleh Kepala Diskopar Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto dan pelepasan peserta eksebisi oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Habib Mahdi.

Ketua panitia Imam Syafi’i mengungkapkan lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo tahun 2022 ini digelar dalam rangka untuk melestarikan budaya kerapan sapi di Kabupaten Probolinggo.

“Meskipun kerapan sapi bukan budaya asli Kabupaten Probolinggo, tapi warga Kabupaten Probolinggo merupakan pendalungan Jawa dan Madura. Jadi ini bisa menjadi reuni budaya kerapan sapi,” ungkapnya.

Untuk mewadahi masyarakat yang hobi fotografer jelas Imam, pihaknya juga menggelar lomba foto kerapan sapi dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 5,5 juta. Para fotografer bisa mengabadikan momentum lomba kerapan sapi dari berbagai sudut lapangan.

“Melalui lomba kerapan sapi ini diharapkan nantinya mampu melestarikan budaya kerapan sapi, khususnya di wilayah Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Sementara Kepala Diskopar Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan kegiatan ini bisa mengobati kerinduan masyarakat terhadap budaya kerapan sapi. “Mudah-mudahan lomba kerapan sapi ini bisa membangkitkan kembali budaya kerapan sapi di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Sugeng, sektor pariwisata kini sudah mulai bangkit kembali. Oleh karena itu, ke depan diharapkan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Salah satunya dengan menunjukkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Probolinggo.

“Nantinya kita ajak wisatawan dari luar negeri untuk melihat dari dekat budaya kerapan sapi yang ada di Kabupaten Probolinggo. Untuk itulah, even-even seperti ini harus sering dilakukan demi membangkitkan budaya kerapan sapi,” terangnya.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Habib Mahdi memberikan apresiasi terhadap digelarnya lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo yang digelar oleh Paguyuban Kerapan Sapi Kabupaten Probolinggo.

“Hal ini menunjukkan jika masyarakat mulai bangkit untuk menggairahkan kembali budaya kerapan sapi. Tentunya hal ini harus didukung dengan semangat untuk bersama-sama membangkitkan budaya kerapan sapi,” ujarnya.

Mahdi mengharapkan agar para peserta lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo ke depannya bisa tampil dalam even yang sama di Piala Gubernur Jawa Timur. Serta mampu meningkat lagi di Piala Presiden yang diadakan di Pulau Madura.

“Jika sudah bisa tampil di Piala Presiden di Madura, tentunya akan mampu mengangkat harga sapi yang ada. Semoga daerah tapal kuda ini bisa lolos ke Piala Gubernur untuk nantinya tampil di Piala Presiden,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot