Tuesday, June 22, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Laboratorium Belum Terdaftar di Kemenkes, Puluhan Karyawan PT. SECCO Nusantara Diswab Ulang

Laboratorium Belum Terdaftar di Kemenkes, Puluhan Karyawan PT. SECCO Nusantara Diswab Ulang

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Puluhan karyawan PT SECCO Nusantara yang ada di wilayah Kecamatan Paiton beberapa waktu lalu dinyatakan positif terinfeksi virus Corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab dengan menggunakan laboratorium yang mereka miliki. Tetapi hasil pemeriksaan swab tersebut tidak diakui dan diharuskan dilakukan pemeriksaan swab ulang.

Juru Bicara Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono mengungkapkan pemeriksaan swab ulang bagi karyawan PT SECCO Nusantara ini dilakukan karena waktu melakukan pemeriksaan swab pertama pihak PT SECCO Nusantara menggunakan laboratorium internalnya.

“Sementara laboratorium internal tersebut masih belum masuk dan terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, sehingga hasilnyapun tidak bisa diakui secara nasional. Oleh karenanya diperlukan adanya swab ulang pada laboratorium yang sudah terdaftar dan terakredirasi secara nasional,” katanya.

Oleh karena itu jelas Shodiq, ke depan pihaknya akan terus melakukan evaluasi agar hasil pemeriksaan swab apapun itu bisa diakui oleh Kemenkes RI sehingga tidak perlu lagi dilakukan pemeriksaan swab ulang. “Sampai saat ini, hasil pemeriksaan swab yang dikirimkan ke laboratorium BBTKL (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan) Surabaya ini masih belum keluar,” terangnya.

Untuk mekanisme update data yang terkonfirmasi tambah Shodiq, nantinya dari pihak BBTKL Surabaya akan menyampaikan kepada Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo.

“Setelah dilakukan validasi data, Satgas akan segera menyampaian release secara resmi kepada masyarakat. Tapi untuk sementara ini posisi kami masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari pihak BBTKL Surabaya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal