Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Komitmen Bangkitkan Kembali Lembaga Kemasyarakatan Desa

Komitmen Bangkitkan Kembali Lembaga Kemasyarakatan Desa

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pemerintah Desa Kalisalam Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo terus berbenah dan melakukan evaluasi terhadap semua lembaga masyarakat yang ada di desa dalam rangka menunjang pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Selasa (12/10/2021), Pj Kepala Desa Kalisalam Joko Tono Susanto mengudang pengurus P2KP (Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan), HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) dan Kelompok Tani (Poktan) di Kantor Desa Kalisalam.

“Kami sengaja mengundang P2KP, HIPPA dan Kelompok Tani dalam rangka untuk membangkitkan kembali lembaga kemasyarakatan desa untuk aktif dan berperan sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” kata Pj Kepala Desa Kalisalam Joko Tono Susanto.

Menurut Joko, P2KP ini tidak hanya sekedar untuk mengatasi kemiskinan akibat krisis ekonomi melainkan dapat mengatasi menanggulangi kemiskinan struktural serta mampu memberdayakan lembaga masyarakat guna memerangi dan mengurangi kemiskinan secara mandiri.

“Untuk HIPPA merupakan lembaga atau kelompok petani di perdesaan yang handal dan berperan penting dalam pengelolaan, pemanfaatan dan pemeliharaan air irigasi. Lembaga ini secara khusus mewadahi para petani yang terkait dengan tata kelola air irigasi di tingkat usaha tani sekaligus pengelolaan sumberdaya air lainnya untuk meningkatkan produksi pangan dan kepentingan pembangunan perdesaan,” tegasnya.

Terkait dengan kelompok tani, Joko menyampaikan bahwa merupakan suatu wadah bagi para petani/peternak untuk berkumpul, bertukar pikiran dan bekerja sama dalam mengembangkan usaha tani di desa.

“Jika P2KP, HIPPA dan kelompok tani aktif dan berjalan dengan baik, desa akan berjalan sesuai dengan program pemerintah, pengembangan desa dan pemulihan ekonomi bangsa melalui lembaga kemasyarakatan desa,” pungkasnya. (wan)