Sunday, September 26, 2021
Depan > Pemerintahan > Kali Kedelapan, Pemkab Probolinggo Raih Opini WTP

Kali Kedelapan, Pemkab Probolinggo Raih Opini WTP

Reporter : Hendra Trisianto
SIDOARJO – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dalam mempertahankan sistem pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan professional kembali membuahkan hasil.

Jum’at (21/5/2021) siang, untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut Pemkab Probolinggo memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2020.

Opini tersebut didasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Jawa Timur tahun anggaran 2020. Dengan demikian, Pemkab Probolinggo berhasil meraih opini WTP selama 8 (delapan) tahun berturut-turut sejak tahun 2013 silam.

Hasil audit penilaian BPK untuk tahun anggaran 2020 tersebut diserahkan oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono kepada Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo.

Turut serta dalam penerimaan opini WTP tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Inspektur Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Keuangan Daerah Dewi Korina serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Christian.

Selain Kabupaten Probolinggo, ada 3 daerah lainnya yang hari itu juga menerima LHP atas LKPD dan mendapatkan opini WTP. Yakni, Kota dan Kabupaten Blitar serta Kabupaten Lumajang.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sampai tingkat pemerintahan desa yang telah bersama-sama dan semangat untuk terus belajar memberikan yang terbaik kepada masyarakat utamanya dalam tata kelola pemerintahan dan pengelolaan keuangan negara yang profesional.

“Alhamdulillah atas izin Allah kerja keras dan kekompakan seluruh tim Pemkab Probolinggo, kami kembali meraih opini WTP ke delapan kalinya. Ini menjadi sebuah cambuk semangat bagi kita semuanya untuk senantiasa mewujudkan cita-cita bersama mewujudkan tata kelola pemerintahan serta pengelolaan keuangan yang terus dinamis dan terus berbenah,” katanya.

Apresiasi Bupati Tantri juga disampaikan kepada BPK RI Perwakilan Jawa Timur yang tanpa mengenal lelah dan terus semangat membimbing pemerintah daerah agar selalu on the track. Keberhasilan ini merupakan buah dari kolaborasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo bersama segenap jajaran DPRD Kabupaten Probolinggo.

“Terima kasih atas supportnya selama ini, untuk saling mengingatkan dan saling memberikan masukan yang konstruktif dalam rangka menyajikan sebuah pengelolaan dan pelaporan keuangan yang profesional. Insya Allah dengan terus bersemangat kita tanpa lelah akan terus belajar dan mengevaluasi diri dan semoga opini WTP ini mampu kita pertahankan dari tahun ke tahun dengan kualitas pelaporan yang terus kita kembangkan,” tegasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo menyampaikan ucapan selamat untuk Kabupaten Probolinggo atas diraihnya kembali opini WTP yang kedelapan kalinya.

“Ini berkat sinergi bersama antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan legislatif dan seluruh OPD terkait serta elemen masyarakat. Kami yakin ke depan kita juga mampu meraih opini WTP yang ke-9 dan bersama-sama mewujudkan Kabupaten Probolinggo lebih dan lebih baik lagi,” tandasnya. (dra)