Wednesday, June 19, 2024
Depan > Pendidikan > Kak Timbul Lantik Kamabiran, Ketua Kwarran dan Ketua LPK Kwarran Banyuanyar

Kak Timbul Lantik Kamabiran, Ketua Kwarran dan Ketua LPK Kwarran Banyuanyar

Reporter : Mujiono
BANYUANYAR – Untuk kepengurusan kepramukaan di tingkat ranting, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Kak Drs HA Timbul Prihanjoko selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melantik pengurus Mabiran, Kwarran dan LPK Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Banyuanyar periode 2023-2026, Senin (22/5/2023) di aula SDN Klenang Kidul II Kecamatan Banyuanyar.

Dalam kepengurusan tersebut, Camat Banyuanyar Kak Abdul Ghafur sebagai Kamabiran Gerakan Pramuka Banyuanyar, Ketua Kwartir Ranting Banyuanyar dijabat Kak Adnadi dan LPK Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Banyuanyar H. Zainul Sanusi.

Prosesi pelantikan tersebut ditandai dengan pengucapan ikrar janji yang diikuti oleh tiga orang pengurus dipandu oleh Kak Timbul. Dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan. Kegiatan ini disaksikan oleh Polsek dan Koramil Banyuanyar.

Kamabiran Banyuanyar, Ketua Kwartir Ranting Banyuanyar dan Ketua LPK Kwartir Ranting Banyuanyar telah melakukan penandatanganan naskah ikrar dan berita acara pelantikan. Dilanjutkan dengan prosesi penyematan tanda jabatan oleh Kak Timbul Prihanjoko.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan tugas pengurus kepramukaan harus terlaksana dengan sungguh-sungguh sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka dan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

“Majelis pembimbing mempunyai fungsi memberikan arahan dan bimbingan dan partisipasi untuk mengembangkan gerakan Pramuka di wilayahnya. Dengan fungsi tersebut, segala kegiatan ditingkat Kwartir Ranting harus mendapatkan dukungan secara moril maupun materiil,” katanya.

Selain itu jelas Kak Timbul, pengurus Kwartir Ranting Banyuanyar memiliki peran yaitu, mengelola gerakan Pramuka yang dipimpin secara kolektif pada kegiatan sesuai kebutuhan dan perkembangan atas prinsip dasar dan metode kepramukaan.

“Bagi Lembaga Pemeriksa Keuangan pada Kwarran Banyuanyar adalah lembaga independen yang dibentuk melalui musyawarah gerakan Pramuka yang berfungsi mengawasi dan memeriksa keuangan Kwartir Ranting sekaligus bertanggung jawab pada musyawarah gerakan pramuka kwartir,” pungkasnya. (y0n)