Sunday, April 14, 2024
Depan > Pemerintahan > Jelang Lebaran, Pemkab Lakukan Perbaikan Jalan Rusak Ringan

Jelang Lebaran, Pemkab Lakukan Perbaikan Jalan Rusak Ringan

Reporter : Syamsul Akbar
MARON – Jelang musim mudik lebaran 1444 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melakukan perbaikan jalan rusak ringan di beberapa titik di Kabupaten Probolinggo.

Kamis (13/4/2023), Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko meninjau perbaikan jalan rusak ringan Maron – Pekalen di Kecamatan Maron dengan menggunakan truk Alpomain.

Turut mendampingi Kepala DPUPR Hengki Cahjo Saputra, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Yulius Christian, Kepala Dinas Perhubungan Taufik Alami, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan A’at Kardono serta Camat Maron Hari Kriswanto.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengatakan perbaikan jalan rusak ringan menggunakan truk Alpomain ini dilakukan untuk menyambut musim mudik lebaran. Pasalnya ada beberapa ruas jalan alternatif di Kabupaten Probolinggo yang dilalui oleh pemudik.

“Prioritas utama kita, perbaikan jalan rusak ringan ini akan dilakukan di 57 titik di wilayah Kabupaten Probolinggo. Tetapi perbaikan ini hanya untuk jalan yang rusak ringan saja. Karena yang rusak berat sudah ada program di pertengahan tahun ini sudah kita mulai,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, truk Alpomain ini memang dikhususkan untuk tambal sulam. Artinya jalan-jalan yang rusak ringan bisa diperbaiki sehingga tidak menunggu proyek yang besar.

“Kalau perbaikannya menunggu proyek yang besar, biasanya kerusakannya hanya satu meter bisa mencapai dua meter. Perbaikan jalan rusak ini diutamakan pada jalur yang lalu lintas ekonominya tinggi,” jelasnya.

Wabup Timbul menegaskan perbaikan jalan rusak ringan ini akan terus dilakukan di beberapa ruas jalan di Kabupaten Probolinggo. Perbaikan ini diawali dari ruas jalan di wilayah Kecamatan Maron hingga ke beberapa titik lainnya supaya ada pemerataan.

“Target pengerjaan perbaikan jalan rusak ringan ini adalah H -1 lebaran selesai. Sehingga nantinya bisa dilalui oleh masyarakat pemudik baik yang datang di Kabupaten Probolinggo maupun yang hanya melintas sebagai jalan alternatif,” tegasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul mengharapkan keberadaan truk Alpomain ini bisa lebih mempercepat perbaikan jalan-jalan yang rusak ringan di Kabupaten Probolinggo. Bahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan DPUPR untuk melakukan modifikasi alat untuk lebih mempercepat perbaikan jalan rusak.

“Ke depan, untuk mempercepat perbaian bukan hanya Alpomain saja. Disamping harganya agak mahal dan pesannya lama, nanti akan ada modifikasi untuk memanfaatkan peralatan yang ada di DPUPR. Harapannya bisa membantu pekerjaan truk Alpomain sehingga semua jalan rusak bisa segera diperbaiki,” pungkasnya. (wan)