Depan > Pemerintahan > Hindari Kerumunan, Kampanye Cakades Dilakukan Secara Virtual

Hindari Kerumunan, Kampanye Cakades Dilakukan Secara Virtual

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pelaksanaan kampanye yang dilakukan oleh calon kepala desa (cakades) di 250 desa se-Kabupaten Probolinggo dilakukan secara virtual, Rabu hingga Jum’at (9-11/2/2022). Hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan sehubungan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Penataan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Nur Rachmad Sholeh mengatakan tahapan kampanye Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 oleh semua cakades dilakukan secara virtual. Dimana isinya cakades menyampaikan visi dan misi yang akan dilakukan ketika terpilih sebagai kepala desa.

“Biasanya penyampaian visi dan misi calon kepala desa ini dibuat dalam bentuk video oleh panitia pemilihan desa. Selanjutnya masyarakat menyaksikan visi misi tersebut dengan tetap tidak boleh berkerumun,” katanya.

Menurut Rachmad, dalam tahapan kampanye ini juga ada masyarakat sebagai pemilih yang mendatangi rumah cakades. Momentum ini biasanya dimanfaatkan oleh cakades untuk menyampaikan visi dan misinya.

“Biasanya calon kepala desa ini melakukan open house dan masyarakat dipersilahkan untuk datang ke rumahnya. Tetapi hal ini tetap ada pembatasan dan jangan sampai ada kerumunan. Masyarakat yang bertamu ke rumah calon kepala desa dibatasi maksimal 10 orang. Jadi dibuat bergelombang dan masyarakat yang mau datang harus bergantian,” jelasnya.

Lebih lanjut Nur Rachmad menjelaskan upaya ini dilakukan karena pihaknya tidak menginginkan pelaksanaan Pilkades ini menimbulkan kluster baru. Terlebih saat ini kasus Covid-19 ada kecenderungan mengalami peningkatan.

“Kita mengharapkan agar pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo tahun 2022 dapat berjalan dengan kondusif, lancar dan aman Covid-19. Tentunya menghasilkan kepala desa yang amanah sesuai dengan harapan masyarakat,” tegasnya.

Nur Rachmad menambahkan pada Jum’at (11/2/2022) malam pukul 24.00 WIB, semua alat peraga cakades sudah diturunkan. Sudah tidak ada alat peraga lagi kecuali yang dibuat oleh panitia pemilihan desa. “Yang boleh hanya alat peraga yang ada di halaman rumah calon kepala desa. Kalau di luar hanya alat peraga yang dibuat panitia pemilihan desa,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88