Depan > Kemasyarakatan > Baznas Khitan 70 Anak Keluarga Tidak Mampu

Baznas Khitan 70 Anak Keluarga Tidak Mampu

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Dalam rangka melaksanakan program yang sudah tercantum di kegiatan anggaran tahun 2022, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo menggelar khitanan massal gratis di Desa Mentor Kecamatan Sumberasih, Minggu (13/2/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 70 anak dari keluarga kurang mampu yang ada di wilayah Kecamatan Sumberasih dan sekitarnya. Setiap peserta mendapatkan layanan khitan gratis dan seperangkat alat sholat mulai dari kopyah, baju dan sarung.

Selain khitanan massal gratis, Baznas juga memberikan santunan kepada para wali khitan berupa beras masing-masing sebanyak 5 kg. Santunan ini dimaksudkan dapat membantu kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Suara tangisan anak terdengar saling bersahutan ketika pelaksanaan khitanan massal gratis dimulai. Terlebih ketika petugas medis mulai melaksanakan tugasnya. Beragam ekspresi terlihat mulai dari menarik-narik baju orang tuanya hingga sambil bermain handphone untuk mengalihkan perhatian ketika sedang dikhitan.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzamil mengungkapkan khitanan massal gratis ini dilakukan untuk melaksanakan program Probolinggo Sehat yang sudah tercantum didalam RKAT Baznas Kabupaten Probolinggo tahun 2022.

“Khitan ini berkaitan dengan hal kesucian. Kesucian ini menjadi suatu kunci pokok didalam orang beribadah. Kalau sudah suci, anak yang akan menghadapi baligh dan seterusnya sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan rukun dan syaratnya ibadah,” ungkapnya.

Melalui kegiatan khitanan massal gratis ini Muzamil mengharapkan bagaimana supaya output dari khitan ini nantinya bisa memberikan manfaat bagi anak-anak. “Harapannya agar anak yang dikhitan nantinya bisa menjaga kesucian dan diharapkan menjadi anak yang sholeh,” harapnya. (wan)