Depan > Kemasyarakatan > Forum Keserasian Pemuda Sukorejo Gelar Dialog Tematik

Forum Keserasian Pemuda Sukorejo Gelar Dialog Tematik

Reporter : Syamsul Akbar
KOTAANYAR – Forum Keserasian Pemuda Sukorejo mengadakan dialog tematik d Desa Sukorejo Kecamatan Kotaanyar, Rabu (10/11/2021). Dialog tematik ini digelar bertepatan dengan momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021.

Kegiatan dialog tematik ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Desa Sukorejo Kecamatan Kotaanyar dan sekitarnya. Sebagai narasumber hadir Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo Siti Maryam dan tokoh agama setempat.

Ketua Forum Keserasian Pemuda Sukorejo Mohammad Safi’i mengungkapkan dialog tematik ini digelar dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

“Tujuannya untuk mencegah terjadinya konflik antar golongan dan mempererat tali persaudaraan. Harapannya semoga pemuda yang ada di Desa Sukorejo tetap selalu solid dalam menjaga kekompakan dan kebersamaan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo Siti Mariam mengatakan kegitan Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat (KSBM) sebagai wujud dan wadah kegiatan kesejahteraan sosial baik fisik maupun non fisik yang melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatannya agar tercipta kehidupan sosial penuh persaudaraan, kerukunan, kebersamaan dan saling menyayangi dan menghormati.

“Dengan harapan bisa mencegah terjadi konflik diatara sesama masyarakat di Desa Sukorejo pada khususnya. Semua kegaiatan harus direncanakan dengan baik, bagus dan matang tidak boleh grusa-grusu agar dapat menghasilkan sesuatu hal sesuai dengan harapan dan keinginan bersama,” katanya.

Menurut Siti Mariam, ada hal yang harus dan wajib hukumnya dilakukan sesegera mungkin. Yakni, melaksanakan sholat 5 waktu, membayar hutang, menikahkan putra dan putri yang sudah waktunya, menjenguk orang sakit serta memandikan jenazah, mengkafankan, mensholatkan dan menguburkan.

“Pokmas Pemuda Sukorejo melalui Forum Keserasian Sosial berusaha menyediakan keperluan/kebutuhan sarpras dalam rangka urusan jenazah sampai dengan tempat peristirahatan akhir dengan maksud memberikan kemudahan, meringankan dan membantu keluarga yang ditimpa musibah, memotivasi kesadaran masyarakat akan kewajiban terhadap sesama muslim serta menguatkan tali silaturrahmi dengan kegiatan tahlil selama 7 hari sebagai wujud nyata pelaksanaan/penerapan salah satu Pilar-Pilar Kebangsaan yaitu Pilar Pancasila,” pungkasnya. (wan)