Tuesday, March 5, 2024
Depan > Kemasyarakatan > DPUPR Sosialisasikan KI Sebagai Alternatif pada Pekerjaan Jasa Konsultasi Konstruksi

DPUPR Sosialisasikan KI Sebagai Alternatif pada Pekerjaan Jasa Konsultasi Konstruksi

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Konsultasi Individu (KI) sebagai alternatif pada pekerjaan jasa konsultasi konstruksi di ruang pertemuan Barata DPUPR Kabupaten Probolinggo, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris DPUPR Kabupaten Probolinggo Juwono Prasetijo Utomo didampingi Kepala Bidang Jasa Konstruksi dan Peralatan DPUPR Kabupaten Probolinggo Ruli Nasrullah.

Sosialisasi diikuti secara luring oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan civitas akademika di Kabupaten Probolnggo sebanyak 42 peserta dan secara daring oleh ASN pada kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Forum Konsultan Probolinggo (FKP) dan penyedia jasa konsultansi konstruksi Kabupaten Probolinggo sebanyak 58 peserta.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi persyaratan dan cara pendaftaran Konsultan Individu (KI) ke Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), tata cara pengadaan Konsultan Individu (KI) melalui SPSE, persyaratan dan perijinan usaha perorangan jasa konsultansi konstruksi dan pelaksanaan kontrak Konsultan Individu (KI) pada pekerjaan jasa konsultansi konstruksi.

Narasumber terdiri dari Erlangga Aninditya selaku Analis Kebijakan Madya pada Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP-RI) dan Yan Faisal selaku Pembina Jasa Konstruksi Ahli Madya pada Direktorat Pengembangan Jasa Konstruksi, Dirjen Bina Konstruksi, Kementerian PUPR RI.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi dan Peralatan DPUPR Kabupaten Probolinggo Ruli Nasrullah mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan memberikan informasi peraturan pelaksanaan Konsultan Individu (KI) pada pekerjaan jasa konsultansi konstruksi. Tujuannya agar terwujudnya meningkatnya kemampuan masyarakat jasa konstruksi di wilayah Kabupaten Probolinggo berperan dalam penyelenggaraan jasa konstruksi.

“Manfaatnya, meningkatnya masyarakat jasa konstruksi dalam memahami peraturan pelaksanaan Konsultan Individu (KI) pada pekerjaan jasa konsultansi konstruksi serta mewujudkan masyarakat jasa konstruksi yang memahami peraturan pelaksanaan Konsultan Individu (KI) pada pekerjaan jasa konsultansi konstruksi,” ujarnya.

Sementara Sekretaris DPUPR Kabupaten Probolinggo Juwono Prasetijo Utomo mengatakan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat jasa konstruksi di Kabupaten Probolinggo semakin mampu mengembangkan dan meningkatkan perannya dalam penyelenggaraan jasa konstruksi di Kabupaten Probolinggo.

“Kami ucapkan selamat belajar kepada para peserta dan tidak lupa pula kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan bekerja sama sehingga kegiatan sosialisasi ini dapat terlaksana dengan lancar,” katanya. (wan)