Sunday, January 23, 2022
Depan > Kemasyarakatan > DPPKB Berikan Pelatihan Desain Batik

DPPKB Berikan Pelatihan Desain Batik

Reporter : Mujiono
LECES – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan desain batik bagi 15 orang perempuan tangguh dan mandiri, Senin hingga Jum’at (25-29/10/2021) di Kantor Desa Tigasan Wetan Kecamatan Leces.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dan perempuan dalam kehidupan sehari-hari menjadi ujung tombak sumber penghasilan dikeluarganya. Mereka dipandu oleh Rusyami selaku Owner Batik Dewi Rengganis Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan.

Nantinya para peserta yang mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir akan diberikan sertifikat pelatihan batik oleh DPPKB Kabupaten Probolinggo. Pembimbing atau pelatih akan selalu memberikan solusi mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi para peserta selama berlatih atau meningkatkan kemampuannya.

Sekretaris Camat Leces Andrea Parsaulian menjelaskan dengan terselenggaranya pelatihan ini tentunya memiliki manfaat yang besar khususnya bagi para perempuan ibu-ibu rumah tangga dan perempuan yang berperan sebagai ujung tombak keluarga. Yaitu menciptakan perempuan-perempuan tangguh yang berkreatif dan berwirausaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

“Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan desain batik agar menjadi perempuan tangguh mandiri, lebih terampil dan lebih produktif. Disisi lain dalam pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga yang dijadikan sebagai langkah strategis dalam menyelesaikan persoalan kemiskinan khususnya di Desa Tigasan Wetan,” katanya.

Usai mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan tidak berhenti disini dan terus berlatih di rumahnya agar supaya dapat meningkatkan kemampuan dan meningkatkan keterampilannya menjadi semakin baik dan berkualitas hasilnya. “Ini sebuah kesempatan yang baik dan menghasilkan perempuan-perempuan berkarya serta berkreatif yang membantu peningkatan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (y0n)